Penyebab busi hitam dan basah sangat banyak, indikatornya juga banyak sampe-sampe kita bingung kenapa sih sebenernya yang terjadi dengan motor kesayangan kita.
Maka dari itu admin membuat artikel penyebab busi vespa hitam basah dan cara mengatasinya supaya kalian gak ngalamin apa yang admin alamin (tentu aja hal buruk ya) kalau berbicara masalah busi hitam.
Pasti kalian pernah ngalamin yang namanya busi vespa hitam dan basah sehingga membuat vespa kalian enggak mau hidup.
Menarik untuk dibaca:
Artikel kali ini Admin bakalan ngasih tahu cara mengatasi busi vespa yang hitam atau busi vespa basah terus.
Kalau busi vespa kalian sering hitam dan basah, hati-hati karena hal tersebut bisa membuat vespa mogok di jalan.
Sebelum kita mulai mengatasinya, kita harus menganalisa dulu penyebab busi vespa hitam dan basah.
Dari ke-3 hal diatas kita dapat menyimpulkan bahwa penyebab busi vespa hitam dan basah adalah pada setelan mesin. "Terus cara mengatasi busi vespa yang hitam bagaimana min?"
baca juga: servis vespa di kota Bandung
1. Ganti spuyer
Turunkan ukuran spuyer kamu 1 step ke bawah, misalnya, saat ini kamu menggunakan spuyer berukuran 102. Ternyata ukuran tersebut membuat busi vespa hitam dan basah, maka cara mengatasinya adalah dengan menurunkan ukuran spuyer mainjet 1 step ke bawah.
Cek tutorialnya
Mainjet 102 kamu itu harus di ganti jadi 100, jika busi vespa masih hitam basah maka turunkan lagi 1 step menjadi 98.
Baca juga:
Cara kohar vespa harian, paling aman!
Lakukan hal tersebut sampai mendapat busi berwarna merah bata. Cara testnya kalian harus pakai vespa muter-muter atau jalan-jalan keliling komplek. Lebih bagusnya di bawa kenceng. Setelah itu, kalian cek warna businya apakah masih busi hitam basah atau sudah merah bata.
2. Setel angin di karburator
Setelan angin juga berpengaruh, jika terlalu menutup maka akan membuat vespa kamu kebanjiran bensin sehingga busi jadi basah.
Cara memperbaikinya adalah kalian setel ulang screw anginnya...
Nyalakan vespa, setel dulu screw langsam supaya vespa enggak mati. Lalu setelah langsamnya tinggi, kamu putar anginnya sesuai dengan arah jam sampai menutup. Selanjutnya kalian buka perlahan dengan cara memutar ke arah kiri (berlawanan arah jam), biasanaya ketika 1,5 - 2 putaran mesin terasa enak.
Cari suara mesin yang paling tinggi, atau teriakannya tinggi. Itulah yang paling ideal.
3. Ganti paking head silinder
Jika cara diatas masih belum berhasil, alternatif lainnya adalah memberkan paking ke head silinder.
Tapi jika head silinder kamu tidak ada kebocoran itu tidaklah masalah. Biasanya head silinder bocor sehingga menyebabkan busi vespa hitam basah, bahkan ada juga busi hitam tapi kering.
Head silinder yang sudah enggak rata juga membuat kebocoran kompresi, kalian harus amplas bagian kepalanya supaya rata.
Atau kalian bisa mengadopsi paking milik yamaha RX-King...
Apakah sekarang vespa kamu udah lebih baik dari sebelumnya? Busi vespa yang selalu hitam dan basah kini sudah bisa teratasi dengan cara-cara diatas. Semoga artikel ini bermanfaat untuk para skuterist Indonesia.
hello gan, ada UPDATE baru nih dari mimin. Cek artikel terbaru kita: cek disini
Maka dari itu admin membuat artikel penyebab busi vespa hitam basah dan cara mengatasinya supaya kalian gak ngalamin apa yang admin alamin (tentu aja hal buruk ya) kalau berbicara masalah busi hitam.
Pasti kalian pernah ngalamin yang namanya busi vespa hitam dan basah sehingga membuat vespa kalian enggak mau hidup.
Menarik untuk dibaca:
- Penyebab Piston / Seher sering Ngejim Ceket (*HOTHOT POST*)
- Cara mengatasi piston vespa yang macet - 100% Berhasil (*TOP REQUEST*)
- Mengatasi piston vespa yang cekit mendadak (*BASED ON TRUE STORY*)
- Cara mengatasi vespa tiba-tiba MOGOK
- Cara setel angin agar tenaga vespa naik hingga 13,22% (*TOP OTOMAGAZINE*)
Artikel kali ini Admin bakalan ngasih tahu cara mengatasi busi vespa yang hitam atau busi vespa basah terus.
Kalau busi vespa kalian sering hitam dan basah, hati-hati karena hal tersebut bisa membuat vespa mogok di jalan.
Sebelum kita mulai mengatasinya, kita harus menganalisa dulu penyebab busi vespa hitam dan basah.
- Setelan karburator: Pengaturan karburator yang salah dapat menyebabkan busi vespa menjadi hitam dan juga basah. Kita harus memperhatikan pada bagian pilotjet dan mainjetnya.
- Head Silinder: Kebocoran yang terdapat pada head silinder membuat pengapian enggak sempurna, sehingga busi vespa cepat rusak karena kompresi yang bocor.
- Setelan Platina: Untuk vespa yang masih menggunakan plati sebagai sumber listriknya, maka wajib di cek setelannya. Tidak boleh terlalu renggang, ataupun terlalu rapat.
Dari ke-3 hal diatas kita dapat menyimpulkan bahwa penyebab busi vespa hitam dan basah adalah pada setelan mesin. "Terus cara mengatasi busi vespa yang hitam bagaimana min?"
baca juga: servis vespa di kota Bandung
Inilah cara mengatasi busi vespa hitam basah:
1. Ganti spuyer
Turunkan ukuran spuyer kamu 1 step ke bawah, misalnya, saat ini kamu menggunakan spuyer berukuran 102. Ternyata ukuran tersebut membuat busi vespa hitam dan basah, maka cara mengatasinya adalah dengan menurunkan ukuran spuyer mainjet 1 step ke bawah.
Cek tutorialnya
Mainjet 102 kamu itu harus di ganti jadi 100, jika busi vespa masih hitam basah maka turunkan lagi 1 step menjadi 98.
Baca juga:
Cara kohar vespa harian, paling aman!
Lakukan hal tersebut sampai mendapat busi berwarna merah bata. Cara testnya kalian harus pakai vespa muter-muter atau jalan-jalan keliling komplek. Lebih bagusnya di bawa kenceng. Setelah itu, kalian cek warna businya apakah masih busi hitam basah atau sudah merah bata.
2. Setel angin di karburator
Setelan angin juga berpengaruh, jika terlalu menutup maka akan membuat vespa kamu kebanjiran bensin sehingga busi jadi basah.
Cara memperbaikinya adalah kalian setel ulang screw anginnya...
Nyalakan vespa, setel dulu screw langsam supaya vespa enggak mati. Lalu setelah langsamnya tinggi, kamu putar anginnya sesuai dengan arah jam sampai menutup. Selanjutnya kalian buka perlahan dengan cara memutar ke arah kiri (berlawanan arah jam), biasanaya ketika 1,5 - 2 putaran mesin terasa enak.
Cari suara mesin yang paling tinggi, atau teriakannya tinggi. Itulah yang paling ideal.
3. Ganti paking head silinder
Jika cara diatas masih belum berhasil, alternatif lainnya adalah memberkan paking ke head silinder.
Tapi jika head silinder kamu tidak ada kebocoran itu tidaklah masalah. Biasanya head silinder bocor sehingga menyebabkan busi vespa hitam basah, bahkan ada juga busi hitam tapi kering.
Head silinder yang sudah enggak rata juga membuat kebocoran kompresi, kalian harus amplas bagian kepalanya supaya rata.
Atau kalian bisa mengadopsi paking milik yamaha RX-King...
Apakah sekarang vespa kamu udah lebih baik dari sebelumnya? Busi vespa yang selalu hitam dan basah kini sudah bisa teratasi dengan cara-cara diatas. Semoga artikel ini bermanfaat untuk para skuterist Indonesia.
Makasih min atas infonya,ane jd lbh tau tntang vespa....salam mesin kanan.
ReplyDeletesama2 mas gan, semoga bermanfaat dan enjoy riding !
DeleteBerarti kalo busi hitam ngga usah diganti ya gan, cukup dibersihkan
ReplyDeletebetul banget gan, kalau busi hitam cukup di bersihkan, mentok2 di rebus atau di panaskan di terik matahari sampai kering lalu bersihkan kembali.
DeleteBerarti gak ada masalahnya sama kondensornya?
ReplyDeletekondensor itu cuma untuk penyetabil arus aja gan, jadi yang lebih berpengaruh terhadap busihitam itu biasanya spuyer dan busi itu sendiri. kalau kondensor tuh bisa bikin percikan api di busi lebih bagus, vespa ane tanpa pake kondensor pun aman
DeleteIyah nih gan sering ganti busi berarti masalahnya apa ya?
ReplyDeleteBusinya basah terus
tentu dari pengapian seperti yang tertulis d atas gan.
Deletebanyak faktor sih, seperti dari spuyer, isapan dll
Om kenapa vespa saya cuk harus terbuka terus .. kalo terbuka posisi lamsang normal ... kalo posisi tertutup lamsang malah makin besar .... kira kira itu kendala nya di mana yaa ...
ReplyDeleteSudah coba juga cuk posisi tutup setelan lamsang malah sudah mau copot tp lamsang masih besar. . Kalo cuk di buka baru normal mmm
itu stelan spuyer mainjet pilotjet gak cocok gan, jadi intinya kalau liat dari permasalahan agan itu seperti kekurangan bensin.
Deletemakanya naekin aja spuyernya beberapa step jadi lebih gede, supaya idle nya gak besar dan gak harus di cuk.
WAH ARTIKELNYA BAGUS, RESPON YANG PUNYA LAPAK JUGA BAGUS.. GOOD JOB BRO BARAKALLAH..
ReplyDeleteOm vespa saya businya bagus, cuma kok boros dalam pemakaian busi, seminggu sekali harus ganti busi baru. Mohon solusinya
ReplyDeletesaya 1,5 th blm ganti gan wkwkwk
Deletesetingan karbu dan api sangat penting gan klo mu awet
Bang kalau busi hitam tapi enggak basah kenapa ya?
ReplyDeletekegedean gan spuyer atasnya, tinggal turunin aja coba 2 step sampe warna merah bata atau putih aja dlu.
DeleteBang klu divespa apa perlu klu motor mati kran bensinnya diclose kan??
ReplyDeleteiya lebih baik ditutup supaya gak mudah banjir, tp klo vespanya jos sih gak ush d ttup jg rapopo
DeleteIkut nimbrung nih..
ReplyDeleteSpek P150X standar :
Timming pengapian 21 derajat
Karburator spaco SI 20/20D
Idle jet 48/160
Main jet 102
Air corrector 160
Mixer tube BE 3
Takaran oli samping 2%
Data2 diatas saya copy dari manual book vespa Dan Motor P150X.
Saya sudah balikin vespa saya ke settingan diatas sampai sekarang nggak pernah busi hitam, vespa saya tanpa asap. Settingan optimal banget itu.
Irit tapi akselerasi bagus.
1 liter bisa 40 km.
Salam kenal dari bekasi
betul gan, 1 liter memang seharusnya bisa nyampe antara 30 - 50 km/l
Deleteklo dah gak hitam dan warna busi merah bata, wah . udah joossss
spek diatas jg bagus banget untuk vespanya yang masih standaran, bakal ngebut layaknya vespa kalau setingan karbu nya bener. apalagi pengapiannya masih ori semua.
Vespa langsamnya suka susah turun waktu melaju
ReplyDeletesaya setel angin sampe 2 setengah putaran. tapi masih basah ya min. kalo saya kurangin misal 1 setengah atau 2 putaran. gimana ya.?
ReplyDeleteapa harus tambah putaran lg sampai 3. dari spuyer emang udah ada korekan dikit.
spuyer nya kegedean mas, mungkin karena di korek2 jadi nya kurang presisi. sehingga setel angin sulit.
Deletekalau spuyer di kecilin lagi dan sesuai, idealnya stelan putar angin di 1,5 - 2,5 putaran
Ane pake seher king spuyer bensin 95 langsam 48 busi hitam trs pdhl baru ganti
ReplyDeletecoba mainjet kasih 92, pilotjet 45 mas, stel angin 1,5 putaran
DeleteVespa saya nafas gigi 1-3 pendek kenapa ya?Busi hitam&basah.solusi nya dong
ReplyDeletestelan karbu terlalu besar mas, spuyer Pilotjet dan Mainjet coba di turunkan ukuran nya 2 step.
DeleteBang vespa saya businya hitam tapi gk basah,yg harus di ganti spuyer kecil atau sepuyer besar bang???
ReplyDeleteada banyak kemungkinan.
Delete1. coba cek dlu kompresi ada yang bocor gak di bagian head / kop silinder
2. turunin pilotjet 1 atau 2 step
3. bersihkan lagi karbu
4. ganti busi baru
5. atur celah jarak busi
Bang mau tanya, vespa saya strada..
ReplyDeleteKarbu 20:20, Mainjet 160-BE5-95, Pilotjet 42-140.. Setelan anginnya 2 putaran setengah, tapi busi hitam bang, itu kenapa ya 🙏🏻
ada tenaga yang terasa brebet atau nahan di putaran RPM RPM tertentu ketika melaju?
Deletelalu, ketika langsam bagaimana suara mesinnya? putus putus tapi stabil tidak mati, atau rapat2 atau bagaimana?
baru bisa di analisa jika sudah terjawab pertanyaan diatas om :)
Ada nomor wa yang bisa di hubungi gak bang ?
ReplyDeleteboleh email saja om busihitam@gmail.com jika ada hal private, atau jika untuk berdiskusi mari disini om hehe peace :P
DeleteOm saya pake excel.. Busi nya hitam gosong basah. Biasanya busi nya lama baru ganti. Ini jangka waktu seminggu ganti mulu. Di tempat saya ga ada bengkel kusus vespa. Jadi capek om bolak balik mulu
ReplyDeleteIdem dengan yang di atas-atas tadi. Lagi enak-enak jalan, tiba-tiba mesin mati. Busi saya buka ternyata basah dan hitam. Terima kasih atas pencerahannya 😀🙏
ReplyDeleteMirip mirip dengan saya bang, lagi enak santai gas pelan pelan, tiba tiba brebet, busi hitam kering 😂😂
DeleteSaya pengguna vespa super, karbu yg saya pakai 20:15 ori, MJ 88, PJ 42. Putaranbangin 2,5. Kalau saya pakai sih enak enak aja tarikan dll nya, cuma kalau saya lagi pengen santai jalan pelan pelan, atau abis kena macet agak lama, busi saya jadi hitam kering bang, trus mesin brebet, kadang mesin sampai mati dan busi harus saya bersihkan. Kira kira kenapa itu bang mohon pencerahan nya. Terima kasih.
ReplyDeleteBang cara mengatasi baut slek.
ReplyDeleteBaut tanam yang ada di karbu gmna?
Bang mau tanya vespa saya klo jalan sebentar mati terus, dan businya wara hitam kering klo dinyalain brebet harus ganti busi baru lg. terus mati lg gitu aja teruss beli busi baru mulu..
ReplyDeleteKira2 masalahnya itu apa ya bang?
Pengapian nya itumah bang,mendingan ke bengkel
Delete