5 Cara Setel Angin Agar Tenaga Motor Tua Naik Hingga 13,22%

Banyak yang bertanya ke saya, "Min, bagaimana cara setel karbu vespa yang benar?". "Min, gimana cara setting karbu Vespa atau CB supaya motornya jadi enak?".
Hai gan, Mimin punya UPDATE artikel TERBARU lho! Yuk cek disini.
Saya akan berikan sedikit pengalaman saya dalam setting karbu untuk vespa, honda CB, honda c70 dan motor-motor klasik pada umumnya, tapi mungkin akan dibahas lebih spesifik untuk nyeting karbu vespa.


cara setting angin vespa
Karbu Vespa Sl

Gambar diatas adalah karburator vespa yang terdiri dari beberapa komponen penting salah satunya adalah SPUYER. Apa itu spuyer? Silahkan menuju ke artikel saya yang membahas tuntas seputar spuyer vespa disini.

Panduan-panduan mengenai vespa:

Prinsip dasar cara setting karbu vespa hampir mirip-mirip dengan motor klasik lainnya, setidaknya konsep dan skema-nya saling mendekati. Yang membedakan adalah bentuk dan tata letak komponen-komponen pada karburator itu sendiri.


Cara setel karbu motor tua (Vespa, CB, Bekjul c70, GLpro dll)

1. Buka bagian penutup karbu

Di setiap motor pasti beda-beda, agan perlu nyari bagian karbu itu terletak di sebelah mana dan apakah ada penutupnya seperti vespa atau karbunya terbuka seperti honda CB.

1-A. Vespa

Untuk motor vespa, agan harus buka tepong bagian kanan. Agan bisa lihat setelan angin yang nongol dari penutup karbu vespa di bagian belakang (ekor). 

Buka 2 buah baud yang menempel pada tutup karbu tersebut dengan cara memutarkannya berlawanan dengan arah jarum jam.

Artikel paling favorit: Keliling naek VESPA cari RAZIA, apakah motor vespa kena tilang?

1-B. Honda
Untuk Honda CB100 dan Bekjul C70 gak usah membuka penutup karbu (karena memang tidak ada), agan hanya tinggal fokus pada screw pemutar setelan anginnya aja.




2. Hidupkan mesin motor

Hidupkan mesin motor baik itu di selah (di engkol) atau di starter, tergantung motor yang agan punya. Biarkan mesin idle atau langsam normal hingga bagian mesin motor terasa hangat (mungkin sekitar 4-5 menit) supaya setingan karbu lebih optimal.


Artikel menarik lainnya untuk dibaca gan:





3. Putar baud setelan langsam

Putarkan sesuai arah jarum jam, untuk meningkatkan langsam motor. Loh, kok langsamnya dikencangkan sih?

Supaya setelan angin motor baik dan benar alias optimal, kondisi mesin motor harus dalam keadaan hangat (setidaknya udah dipanasin) seperti tahapan nomor 2. 

Langsam di buat tinggi karena kita akan mencoba mendengar hasil feedback suara dari mesin dan knalpot, lalu mencari suara yang paling enak didengar.



Artikel penting gan: Cara Setting Langsam VESPA Step-by-step




4. Putar baud setelan angin

Putarkan screw angin atau setelan angin motor agan, baik itu motor vespa, cb ataupun bekjul sama aja. Putarkan sesuai arah jarum jam hingga mentok (sampai enggak bisa lagi di puter).

Apa yang terjadi?

Seharusnya motor agan mati, karena kalau baud setelan angin di putar ke kanan (arah jarum jam) maka jalur angin tertutup, atau setelan angin ditutup sehingga menyebabkan motor agan langsung mati.


"Min, setelan angin sudah di tutup tapi kok motor tidak mati?"


Santai, ambil secangkir kopi dan lanjutkan artikel ini sampai tuntas :)


Simpelnya, untuk masalah ini adalah agan harus mengganti ukuran spuyer yang cocok. Kalau udah ketemu mau gimanapun kejadiannya, kalau setelan angin ditutup motor bakalan mati.


5. Putar lagi baud setelan angin

"Loh, kok diputer-puter terus ih min?"

Iya kalau mau setingan karbu vespa enak memang kudu diputer-puter (berlaku juga untuk motor lain), tapi kali ini arahnya berbeda.  Kalau tadi agan memutar ke arah kanan (jarum jam) maka sekarang harus diputar PERLAHAN ke arah kiri (berlawanan jarum jam)

SEKARANG SAATNYA MENDENGARKAN

Setelah ke 5 proses diatas agan selesaikan, sekarang saatnya kita coba dengarkan suara yang dihasilkan oleh motor tersebut. 

Ketika agan muterin perlahan setelan angin ke arah kiri, coba dengarkan tiap perubahan pada suaranya per 1/2 putaran.



"Saya enggak ngerti min!".

Jadi gini loh, pas agan puter screw anginnya berlawanan arah jarum jam, setiap setengah putaran itu suara motor akan berubah-ubah.

MANA SUARA YANG HARUS SAYA PILIH?


Sekarang agan tinggal menentukan suara yang terbaik ada pada putaran angin berapa. Cara menyetel angin vespa atau motor tua lainnya yang baik dan benar itu dengan mendengarkan hasil suara yang dihasilkan oleh motor.


Carilah suara motor yang paling tinggi, seperti meraung tapi tidak patah-patah...

Jangan sampai suara motor agan gak konsisten alias ritme-nya berbeda-beda, nah kalau digambarkan oleh sebuah titik mungkin jadinya seperti ini:

"teng...teng...teng...teng...teng...teng...teng".

Itu adalah ciri setelan angin yang udah bener alias pas. Lantas yang gak pas itu yang bagaimana? 

Yok kita lihat, mungkin saya akan gambarkan dengan sebuah titik-titik lagi...ya jadinya seperti ini:

"teng.....teng..teng.......teng...teng..teng.....teng..teng....teng.....".

Apakah cara penggambaran saya ini sudah bisa agan pahami? :D
hehehe...

Kalau sudah sesuai maka saya jamin motor tua agan bakalan lebih enteng, lebih prima, lebih irit seperti motor yang baru keluar dari dealer. TAPI Jangan lupa untuk selalu mengecek kondisi busi, kalau ternyata busi agan selalu basah dan hitam, WAJIB hukumnya untuk membaca artikel saya yang berikut ini:




Semoga dengan tutorial cara seting angin vespa dan motor tua lainnya ini, masalah yang agan punya terselesaikan atau setidaknya berkurang.

motor agan saat ini sudah mengalami peningkatan tenaga, karena kita tahu motor klasik itu membutuhkan setelan yang benar-benar pas!

Tanpa perlu menghabiskan biaya untuk pergi ke bengkel, dengan cara ini agan bisa coba sendiri dirumah. Kalau belum ketemu juga setelan angin yang pas, komentar aja dibawah artikel ini :)

37 Responses to "5 Cara Setel Angin Agar Tenaga Motor Tua Naik Hingga 13,22%"

  1. Wah kurang suka dengan otomotif nih gan.. Hehe.. Tapi saya disini berkunjung untuk blog walking... Salam kenal ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. siap masgan terima kasih, btw agan ini owner blog mana ya ? :D

      Delete
  2. Itu berlaku untuk semua karbu gan?? Karbu saya vacuum... Minerva megelli... Susah abis langsam berubah2.. kalo abis berhenti agak lama motor sering susah idup.. jd bikin tekor aki.. solusi gmn gan?? Dan jg mesin saya dr dingin ke panas g ada 3 menit..

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah kalau kondisi mesin cpt panas, brarti itu setingan karbu gak bener gan. Mungkin coba di ganti ukuran mainjet dan pilotjetnya, bisa-bisa kekecilan (karena cepet panas).

      pada dasarnya sistem kerja busi sama aja semua gan, kalau yang vakum itu biasanya terjadi kebocoran di bagian vakumnya jadi menyebabkan susah langsam.

      atau ketika agan maju terus berhenti, langsamnya bisa naek turun.

      Delete
  3. Siap.. padahal dulunya g gini2 bgt.. skrg udah dsetting langsam tp kalo diem agak lama setelan langsam rubah lg.. padahal g ada yg kendo...
    Coba saya cek ntar d vakumnya..

    D geber turunnya RPM lambat bgt.. mulai d sekitar 3000rpm -1000rpm kaya susah balik gtu..

    Yg ganti mainjet pilot jet ke ukuran lebih besar berarti ya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya kalau vakum emang gitu gan, termakan waktu karbu vakum tuh suka ada kebocoran dikit. Tapi walaupun dikit, itu ngaruh banget ke langsam dan ke tenaga motor.
      kalau RPM nya turun lama, itu minta naik lagi pilot jet gan. Naekin aja beberapa step ke atas.

      semoga bermanfaat gan.

      Delete
  4. Om vespa saya klau d tutup setelan anginnya malah melengking bunyinya, ada solusinya min?

    ReplyDelete
    Replies
    1. melengking gimana gan maksudnya?

      kalau setelan angin di tutup berarti angin yg masuk ke karbu dikit, jadi bensin lebih banyak masuk ketimbang angin.

      efeknya langsam jadi agak naik, beda kalau stelan angin di kendorin itu langsam bakalan turun.

      Delete
    2. serahin aja setting angin sama bang admin nih..hehe..
      kalau nggak salah ditutup dulu habis itu diputar kekiri 1,5 putaran. Betul nggak min?

      Delete
  5. Enter your comment...kalaw punya saya kalau dikencengin setelan anginnya malah ngelangsam lebih keceng gan itu yang salah apanya ya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. stelan spuyer nya gan belum cocok, kalau mainjet sama pilotjet udah ketemu bakalan kerasa beda. Setiap muterin angin bakalan signifikan perubahannya.

      Delete
  6. Min, bagusnya disertakan dengan video donk,hehe
    BTW terima kasih banyak ilmunya min,sangat bermanfaat

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih juga gan sudah mampir dan membaca2 artikel2 saya :)
      oke lain waktu akan saya buatkan video2 tutorialnya

      Delete
  7. Satria hiu ku,aku setting sendiri kok mendut2 mulu y bos bawaanya minta lari aja g bs bua santai

    ReplyDelete
    Replies
    1. kebesaran itu spuyernya gan, atau jarum skepnya coba di naekin d atur2 lagi

      Delete
  8. Kalo Vespa ane kaya gitu juga gan udh coba ganti spuyer ngga mati juga kalo spuyer anginnya di kencengin ada solusi lain kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ganti terus spuyernya, atau mungkin ada kebocoran di karbu

      Delete
  9. Mksih ilmunya gan,vespa sya kok malah makin melehoy ya.jdi klo di pake pelan2 ngeberebet gtu.g stabil tpi klo di pake buat tarik2an enak.kan jdi g bsa jalan santai gan sayanyah.hehehe
    Mohon pencerahannya,apa terlalu irit karbunya krna businya putih garing.dan gmna cra ngeborosin bensin di karbu vespA,g ada jarum digasnya.hee

    ReplyDelete
    Replies
    1. ahaha betul gan gak kaya motor jepang yang tinggal naekin nurutin jarum skep.
      kalau kita perlu maenin di putaran screw angin gan yang di belakang itu sangat sangat sangat berpengaruh *NOTES: JIKA SPUYER MAINJET PILOTJET UDAH PAS. kalau spuyernya blm cocok mau segimana agan nyeting itu screw bakalan nihil hehehe.
      jadi intinya, agan coba naekin mainjetnya, kan standarnya 102 tuh kalau px coba ganti itunya aja dlu. kerasa gak bedanya, coba beli yang 105

      ntar balik lagi sini komentar ya, masih banyak hal yg perlu di pertimbangkan jg soalnya perlu try n error

      Delete
  10. Thanks for your all posts, things which you post are the great thing. Good luck.
    digital marketing services in delhi

    ReplyDelete
  11. Vespa ane kalo di kencengin setelan anginnya. Langsam malah kenceng gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. langsamnya jadi kenceng? terus vespanya sampe mati gak? klo angin ketutup hrusnya ngencengin tuh langsam trus vespanya mampus

      Delete
  12. Bang punya samean pakai spuyer ukuran berapa

    ReplyDelete
    Replies
    1. pj 48 mj 95 ganbos atau standarannya PX gitu lah, cuma agak di coak2 dkit utk settingan mesin yang ane mah

      Delete
  13. Mau nyeting karbu tua lawas nda dapet dapet langsam yg enak,, maklum pemula 61 cepuk , amboi pusing.. Tolong gan .. Caranya tq

    ReplyDelete
    Replies
    1. cek dulu gan ada yg bocor gak di sekitaran bawah karbu? selang juga di cek, terakhir puter2 spuyer perlahan, nanti ketauan suaranya enakan

      Delete
  14. Cara benerin kebocoran di karbu gmn ya gan?spuyer yg pas buat karbu 20 15 apa ya gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. spuyer yang pas ya spuyer kit super gan, bilang aja ke tokonya spuyer kit super, atau PS

      Delete
  15. Setelan langsam di awal yg dikencangkan tadi, ga dibalikin ke setelan awal lg gan (sebelum dikencangkan)

    ReplyDelete
  16. Kalo setelan angin vespa doll gimana om ngatasinnya

    ReplyDelete
  17. Nuhun bg mau nanya Vespa ane klaw ditarik gas ngebut diatas nya ngook kaya kehabisan bensin gitu,tapi klaw gas diturunin pelan" dya normal lgi,pencerahannya bg 🙏

    ReplyDelete
  18. vespa saya sering mati mendadak seperti kehabisan bensin. dan businya jg gosong. padahal baru 3 hari di bersihin. kalo lari si normal. cuma gitu. lg enak2 ngebut. eh tau2 mati. di miringin selah lg idup. apanya ya min.?

    ReplyDelete
  19. vespa saya sering mati mendadak seperti kehabisan bensin. dan businya jg gosong. padahal baru 3 hari di bersihin. kalo lari si normal. cuma gitu. lg enak2 ngebut. eh tau2 mati. di miringin selah lg idup. apanya ya min.?

    ReplyDelete
  20. Malem min , mau tanya , untuk setingan vespa ane pake karbu 20/15 kira2 enaknya pake setingan berapa ya min, dan gas kadang2 itu turunnya lama min, coba pencerahannya min

    ReplyDelete
  21. Min yang saya setingan anginnya tinggi terus ga bisa di turunin gimana itu min?

    ReplyDelete
  22. Assalamualaikum bang, saya punya vespa px masih platina, make karbu 2424, spuyer uda pake 102 tp ttp aja busi Warna item, terus klo setelan angin nya di kencengin langsam nya jg kenceng ga mati mtr nya

    ReplyDelete

ada saran? kritik? atau ingin berkomentar? ketik aja dibawah sini!