Cara Mengatasi Langsam Vespa yang Susah Turun

Pernahkah ente meraskan ketika mengendarai vespa dan tiba-tiba saat ente berhenti, langsam motor vespa susah turun malahan terkadang makin kencang. Tahukah kenapa hal tersebut bisa terjadi di vespa ente?

Hai, mimin ada UPDATE Artikel Terbaru lho! Yuk, cek disini
Nah, maka dari itu ente harus baca lengkap artikel saya kali ini ya. Sebelumnya untuk ente yang sering ketinggalan informasi terbaru dari busihitam silahkan kunjungi link-link berikut ini:

BACA ARTIKEL ANE LAINNYA GAN:
Banyak email masuk dari subscriber blog busihitam.com dan subjeknya rata-rata menanyakan tentang karbu vespa yang langsamnya susah di setting atau lebih parahnya lagi adalah susah turun.

langsam vespa susah turun


Gejala utamanya ada di KARBU. Betul banget, karburator itu kan hal inti dari sistem pembakaran pada motor vespa. Kalau ente setting karbu terlalu irit maka vespa gakan mau lari, dan kalau ente setel karbunya boros maka vespa pun tak akan mau lari.

Perkara karbu udah pernah mimin bahas, untuk agan yang masih kurang faham seputar "basic karbu, jetting, dan langsam" baca dulu artikel mimin yang ini. Kalau udah dibaca yuk kita lanjut lagi bahasan mengenai langsam vespa yang susah kecil atau tidak turun-turun.

"min vespa ane langsamnya susah turun", "min kenapa langsam vespa ane naik turun?", "min langsam vespa ane susah di setel".

Itulah pertanyaan yang masuk lewat email ane, oke mari kita simak.

Pada dasarnya setelan spuyer (mainjet, pilotjet) sangat berperan banget nih gan untuk urusan karbu. Seperti yang sudah mimin katakan sebelumnya, jika setingan terlalu kurus atau terlalu gemuk itu tidak akan pernah bagus untuk sistem pembakaran vespa.

Jadi harus bagaimana?

Yang harus agan lakukan pertama kali adalah mencari ukuran spuyer yang pas, tapi sebelum tahapan itu sebenarnya masih ada yang harus agan lakukan terlebih dahulu.

Ini tahapan awal untuk menyelesaikan masalah karburator yang langsamnya lama turun:
1. Agan coba kendarai vespa tersebut, rasakan setiap tarikan gas yang agan lakukan. Rasakan performa motor vespanya seperti apa.
  • jika tarikan bawah loyo seperti berat maka catat bahwa spuyer kecil (pilotjet) terlalu besar.
  • jika tarikan bawah hilang seperti bunyi "ngok" maka catat bahwa ukuran spuyer agan terlalu kecil, maka harus di naikan beberapa step.

Untuk agan yang belum tahu cara memasang spuyer pada vespa, silahkan baca artikel ane tentang Tutorial lengkap cara mudah mengganti spuyer vespa.

Jika cara ini agan sudah bisa mengetahuinya, maka tahap selanjutnya akan lebih mudah.
Gimana apa udah kepikiran apa yang mimin sampaikan? :D

Yuk lanjut ke tahapan yang berikutnya.

2. Karena agan sudah mengetahui apakah spuyer tersebut kekecilan atau kebesaran, maka sekarang saatnya memasang spuyer baru dengan ukuran yang telah di sesuaikan.

----

Dengan 2 tahap seperti itu sebenarnya langsam vespa yang susah turun sudah bisa diatasi. Tapi terkadang masih saja ada yang langsamnya susah kecil, jika hal tersebut terjadi maka masih ada solusi dan tahapan yang akan mimin berikan.

3 Penyebab Krusial Yang Membuat Busi Vespa jadi Hitam

1. Ganti spuyer mainjet ke ukuran yang lebih besar 1 step. (misalnya vespa excel dengan mainjet uk.92 di ganti menjadi mainjet 96).

2. Test dengan cara berikut:
a. nyalakan vespa dengan kondisi menggunakan standar 2.
b. besarkan sedikit langsamnya, dengarkan suaranya sampai stabil
c. miringkan vespa ke sebelah kiri
d. miringkan vespa ke sebelah kanan

Setelah melakukan ke 4 hal tersebut, ada kesimpulannya gan.
jika vespa di miringkan ke kiri langsamnya naik berarti itu sudah bagus, jika vespa di miringkan ke kanan langsamnya mengecil itu juga bagus. Selain dari ketentuan tersebut mimin nyatakan setingan karbu agan belum maksimal.

Kenapa demikian?

Silahkan dicoba dulu, setelah itu baru agan bakalan percaya apa yang mimin bilang, coba dengan cara miring-miringkan vespa. Apakah hasilnya sesuai dengan yang mimin bilang atau gak.

Jangan lupa berkomentar ya, mimin tunggu loh hasilnya bagaimana :)

73 Responses to "Cara Mengatasi Langsam Vespa yang Susah Turun"

  1. kalo langsam kenceng terus kenapa ya gan? padahal baut gas udah ane lemesin, tetep aja kenceng terus

    ReplyDelete
  2. kalo vespa ane udah di stel lamsang tapi ntar balik lagi gad nya kaya kenceng banget

    ReplyDelete
  3. gan kalo vespa ane itu enak buat jalan tapi kalo gas di lepas susah turun itu karna bocor apa gimana? mohon penjelasannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa aja karena:
      1. spuyer kekecilan
      2. kebocoran di bagian head / silinder
      3. paking karbu rusak atau ada bocor

      Delete
  4. om, langsam vespa ane kencang terus, gak mau turun, spuyernya udah pake ukuran pas, 80-85 ane beli dan bongkar pasang, tetap gitu2 aja.. apakah ada pengaruh dari seal kruk as yg rembes dikit ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau seal kruk as sepengalaman ane sih gak begitu ngaruh ke langsam.
      yang ngaruh ke langsam itu karbunya, spuyer, head bocor, knalpot bocor, isapan dah jelek bgt, atau setelan angin gak bener

      tp FYI isapan motor ane udah agak jelek, tp langsam masih oke tuh. gimana setting karbunya aja sih sama nutupin yg bocor2

      Delete
  5. ok om, nnti ane cek lagi.. kalo cylinder head bocor brarti kompresi bocor donk om?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kebocoran itu kadang terasa atau kadang jg hanya terlihat.
      kalau kerasa itu ketika di gas suara knalpot agak beda, lebih hampos gitu. kalau terlihat itu kita cek ada sedikit cairan hitam / bubuk hitam sperti bekas oli nempel di antara blok dan head.
      cara ngetest nya gampang, vespnya pake kebut trus kalau udah, ente tunggu beberapa menit lalu cek deh itu headnya lewat kolong2nya. biasanya kalau emang bocor pas di pake kebut bakal nyiprat2 ke bagian leher knalpot atau sebagainya

      Delete
    2. okeh makasih banyak atas pencerahannya om...

      Delete
    3. sama2 gan, sering2 mampir ya :)

      Delete
  6. Kalau saya bang, pas di statar tiba2 langsung tinggi gasnya bang, malahan kelewatan tinggiinya. Saya sudah putar kanan kiri stelan gasnya, tapi tetap tidak trun, malahan hampur terlepas saya putar stelan gasnya. Bagaimana cara mengatasi itu bang ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya juga dulu gitu, sampe saya copot stelan langsam jg masih gak berpengaruh masih aja tinggi wwkwkwk.
      itu kendalanya sangat sangat sangat sangat jelas ada di SPUYER KECIL DAN BESAR,
      tahapannya:
      1. putar dulu screw angin yg d belakang itu mentok kiri
      2. Putar spuyer kecil ke kiri 1 putaran
      3. putar spuyer besar ke kiri stengah putaran

      SUKSES GAN AMIN!

      Delete
  7. Bang mau nanyak nih vespa ane pas di gas tinggi kali langsam nya abis itu meledak2 apa nya itu gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada kebocoran gan, bisa di bagian head silinder, knalpot, atau bahkan karbunya itu sndiri

      Delete
  8. Bang mau tanya kalo vespa saya ditarikan bawah kyk kurang tenaga. tapi pas tarikan atas enak. Kenapa ya ??
    Terus cara seting biar tarikan bawah enak enteng gimana ya? Apa di kendorin spuyernya apa di kencengin ?.
    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kencengin pilotjet gan, mainjet jg turunin 1 atau 2 step

      Delete
  9. bang sy mau nanya,klw vespa gasnya g mau naik walaupun gasnya sdh ditarik full ttp aj suaranya rendah trus mati.itu solusinya gmn bang

    ReplyDelete
    Replies
    1. pengapian jelek, koil atau cdi, atau kalau parah2 nya juga palingan setelan nafur terlalu cepet

      Delete
  10. Gan, vespa saya pas stater gasnya langsung naik,malahan saking paniknya ane cabut kabel businya,itu kenapa ya padahal di karbu sudah di bersihin berkali2,mohon pencerahannya,terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. setelan angin, spuyer, busi, dan kabel luar kabel dalam itu sangat berpengaruh utk mslah agan

      Delete
  11. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  12. Gan vespa saya kl buat jalan kira2 lari 70an gas stabil segitu kira2 700 meteran tiba2 mati mesin,kenapa ya itu gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mainjet kurang boros gan, mati nya gmn dlu tuh? liat warna businya apa

      Delete
  13. Bang saya punya exel, pake karbu king 26. Kalo pagi mesin dingin rpm naik tinggi klo udh beberapa detik dia normal lagi, kenapa ya?
    Nah yg ke 2 kalo lg jalan terus ngoper gigi, gas rpm lama turun, kenpa ya bang? Mohon infonya. Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. keiritan itu gan spuyer nya, coba naekin 1 step deh, atau klo pke krbu king naekin 1 step jarum skepnya

      Delete
  14. Bang, sya mau nnya, kenapa ya setiap ngerasin baut karbu, gas nya keras bnget untuk ditarik, udah ganti lidah gas, tpi setiap ngerasin baut karbu, gas nya susah bnget ntuk ditarik.vespa nya exclusive 1, makasih

    ReplyDelete
  15. Bang mau nanya nih saya punya vespa super 72, awal nya di buat jalan kira2 800m an biasa aja normal, tapi stlah itu tiba2 gas nya gede sendiri dan kalo di gas gamau jalan seperti bensin habis "ngooook" pas dinyalain lagi tetep gede gas nya dan kalo di gas langsung mati. lalu sama teman saya di kendorin spuyer kecil dan setel ulang angin nya dia normal lagi tapi nanti suka gede lagi gas nya. Itu kira2 apanya ya bang, mohon pencerahannya 🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. jelas spuyer kekecilan gan, naekin 2 step mainjet pilot jet nya jg, coba dlu seperti itu. nanti hasilnya bagaimana, share lg dsni

      Delete
    2. Udah ane ganti bang tadi nya pake pilot 42 terus mainjet nya 102-140, sekarang udah ane ganti pake ukuran 48 sama 102-160 alhasil langsam nya makin kenceng ane setel angin sama gas nya juga gamau turun langsam nya udah gitu lari nya nahan bang. Oh iya bang kalo platina keluar percikan api ngaruh juga ga ke masalah ane ini ? Terimakasih

      Delete
    3. udah coba ganti plati? cek kondensor, cek busi dan gap busi.

      Delete
    4. Platina sama kondensor baru ganti bang. Kalo kepala busi berwarna putih ke abu2an itu tandanya keiritan atau keborosan bang, apa harus di naikin lagi pilot jet dan mainjet nya atau malah turun ?

      Delete
  16. Bang ane mau tanya, vespa super ane udh pake karbu 20:20 setiap kali jalan pas mau ngoper gigi lamsam tinggi terus susah turun, kira" apanya yah? Mohon pencerahannya makasih .. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. naekin 1 step mainjet gan, bisa coba ukuran 102 keatas

      Delete
  17. Kalo langsam vespa lama turun om itu gimana. Pilotjet sudah sy naikan ukuran 48. Mainjet 102. Rpm bawah agak brebet. Tapi top speed dapat. Pencerahannya om. ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin ada kebocoran di bagian karbu / knalpot gan, di putaran rendaah brebet banget atau ndut ndutan gan?

      Delete
    2. kalo di putaran rendah ndut ndutan itu kenapa bang? kebetulan vespa ane gitu, udah ganti karbu masih tetep aja ndut2an... gak enak bgt

      Delete
  18. andana pFriday, August 03, 2018
    bang vespa saya abis saya bawa touring, dapet masalah pas mau nyalain untuk manasin harus di gas, tidak bisa keadaan idle, begitu jg pas di ajak jalan, pas kita ga gas mesin mati, kenapa ya? sebelum turing aman aman aja. apa ada bagian karbu yg kotor/ tersumbat? saya otak atik jarum gas sampe full jg ga lama langsung mati kaya bensin ga ngalir

    ReplyDelete
    Replies
    1. masih plati atau udah CDI?
      klo plati cek kondensor gan

      Delete
    2. vespa saya excel lur udah cdi

      Delete
    3. nah cek keran bensin gan, cek juga karbunya rapet atua ngga. ini fix di daerah karbu.
      cara simple nya coba naekin spuyer yang mainjetnya 2 step

      Delete
  19. Nanya nih gan,kalo bocor seal askruk yg sebelah magnit(kanan) apa berpengaruh pd karbu?
    Vespa ane kalo digas gede,lama turun gasnya padahal spuyer udah dibesarin

    ReplyDelete
    Replies
    1. ngaruh pasti gan ke performa, apalgi masalah agan diatas itu maenannya emang hal2 yang gak keliatan

      Delete
  20. ijin bang vespa saya hidup normal , pas di bawa jalan 20 m , lansung "ngok" trus saya tarikm cuk nya bagus lagi bang, pas dilePAS CUK nya kena lagi "ngok"... nya, di tarik lagi cuknya kencang lagi,, mohon pencerahannya om

    ReplyDelete
  21. Gan kalo vespa ku knapa ya tiba tiba langsam nya naek sndiri,bensin kaya mau habis, padahal bensin masi banyak baru ngisi, langsam nya tinggi sangat om ,saya udah stel supyer kecil dan besar kembali normal om, tapi waktu saya bawa ga berapa jauh ngulah lagi om.

    TRIMAKASIH

    ReplyDelete
  22. Min ini excel saya masih lamsam dikit karbu udah normal isepan aman cuma selang bensin nya pake selang bensin diameter buat matic bukan ori vespa apa pengaruh ke lamsam.??
    Makasih sebelum nya

    ReplyDelete
  23. Bang bantuin ane dong :(. Ane udah otak atik sampe ane ga ngotak. Gas nya pas baru nyala ga stabil. Alias tinggi terus. Sekrup yang di belakang juga udah ane puter ke kiri terus, kenapa ya ini masbro? Apa karena bocor apa karena ngaruh ke pelampungnya? Pelampung ane udah check sepertinya udah beres. Mohon bantuannya om.

    ReplyDelete
  24. Bang tulis tentang spesifikasi mesin px exclusive 2 thun 2001 yg kompit yoo..Trimkasih

    ReplyDelete
  25. Bang kalo vespa saya pagi2 di idupin trus bawa jalan gak jauh tuh masih enak, tapi udh 20 menit aja gas nya agak naik pas di teken kopling jga malah ngegas bkannya ngelos. Itu apanya ya bang mhon bantuannya.

    ReplyDelete
  26. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  27. Bang mo tnya klo spuyer kcil d kncengin mlah mkin gde lngsm'y...tu knp yh penyebab'y. Mhon pncerahan'y trimksh

    ReplyDelete
  28. vespa ps pakai karbu pe 26 gas semakin tinggi/naek .
    sampai matiin ajah bekep karbu
    kendalanya apa ya ?

    ReplyDelete
  29. Mas Vespa saya jarum stelan anginnya kok ga bisa langsam ya udah di puter2 ampe mau copot tetep aj segitu2 putaran mesinnya ga mau naik2 sama satu lagi kemaren aku potong baut sambungan shock belakangnya setengah.apa ngaruh ke tali2nya mas? Soal kalo buat boncengan kopling gas gigi semuanya naik sendiri mas.

    ReplyDelete
  30. Gan, Vespa ane kalau apa langsam nya rendah aja, gak mau langsam2.
    Itu masalahnya ada dimana ya gan,tolong pencerahan nya gan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba periksa pentolan skep karbunya gan ada benjol atau ada gesekan berlebih jadi aliran bensin / angin gak lancar masuk ke pengapiannya alhasil lamsam gak bener

      Delete
  31. Mas sy mau tanya. Sy punya vespa super th 78 kalau dinyalakan harus dicuk dan cuk nya harus ditahan terus, dan tidak bisa lamsam. kalau cuk dilepas, mesin mati. tolong penjelasannya. Trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. ganti mainjet menjadi lebih gede ukurannya, itu kemungkinan kurang bensin di awal start engine.
      naikin 2 atau 3 step

      Delete
  32. Bang. Kalo gas vespa ane gede trus apa nya bang apa ngaruh dari sil magnet copot

    ReplyDelete
    Replies
    1. banyak faktor gan, pertama cek dulu dari setelan mainjete dan pilot jet, kalau bener lanjut lagi ke pengapian (spul atau koil atau busi) terahir kemungkinan dari kebocoran di area paking2

      Delete
  33. Selamat siang mas, ni ane punya vspa super, nah vespanya ngegas sendiri trus tiap dhidupin, katannya krburatotnya yg rusak, udh dgnti ttp aja, kmren udh dibnerin lagi tpi harus pake cuk baru mau jalan, klok cuknya di normalin, balik lagi ngegas sendiri smpk poll, kira2 apa penyebabnya bang?

    ReplyDelete
  34. Mau tanya mas vespa excel saya di Stater mudah hidup. Kendalanya kalo mau belok gas di betot bebeb2 mohon bantuannya informasi nya

    ReplyDelete
  35. Mohon bantuan nya bang vespa ane kalo sehabis digas gamau turun lagi itu kenapa ya? Kalo dr seal kruk as berpengaruh gasih bang

    ReplyDelete
  36. Gan vespa ane kalo lgi jalan posisi rpm tinggi kalo turun gas nya lama knapa ya?

    ReplyDelete
  37. Misi min mau tanya, kalo knalpot di mesin saya suara nya adem padahal di mesin lain suaranya garing itu kenapa ya, padahal seher saya udah 10m

    ReplyDelete
  38. Gan mau nanya vespa ane tdi nya mau di stel engga langsam tapi sekarang jdi langsam sendiri kadang kecil kadang gede sendiri kira kira apanya tuh gan

    ReplyDelete
  39. Gan ane udah ganti spuyer 3kali Mash tepet GK bisa turun langsam, kata temen gue silnya yg bocor harus diganti bener GK tuh?

    ReplyDelete
  40. Min saya mau nanya,
    Tarikan Vespa oke, tarikan enteng
    Tapi ngak mau langsam
    Apa ada penyebab dari hisapan yg udah jelek min?

    ReplyDelete

ada saran? kritik? atau ingin berkomentar? ketik aja dibawah sini!