Pernahkah ente meraskan ketika mengendarai vespa dan tiba-tiba saat ente berhenti, langsam motor vespa susah turun malahan terkadang makin kencang. Tahukah kenapa hal tersebut bisa terjadi di vespa ente?
BACA ARTIKEL ANE LAINNYA GAN:
Hai, mimin ada UPDATE Artikel Terbaru lho! Yuk, cek disini
Nah, maka dari itu ente harus baca lengkap artikel saya kali ini ya. Sebelumnya untuk ente yang sering ketinggalan informasi terbaru dari busihitam silahkan kunjungi link-link berikut ini:BACA ARTIKEL ANE LAINNYA GAN:
- Perbedaan Vespa dengan LOGO CHUNG dan P Coret (P/)
- Referensi Website Untuk PANDUAN Merawat Vespa
- BEST OF Jenis Vespa Yang Paling Di Minati Selama 2017
Gejala utamanya ada di KARBU. Betul banget, karburator itu kan hal inti dari sistem pembakaran pada motor vespa. Kalau ente setting karbu terlalu irit maka vespa gakan mau lari, dan kalau ente setel karbunya boros maka vespa pun tak akan mau lari.
Perkara karbu udah pernah mimin bahas, untuk agan yang masih kurang faham seputar "basic karbu, jetting, dan langsam" baca dulu artikel mimin yang ini. Kalau udah dibaca yuk kita lanjut lagi bahasan mengenai langsam vespa yang susah kecil atau tidak turun-turun.
"min vespa ane langsamnya susah turun", "min kenapa langsam vespa ane naik turun?", "min langsam vespa ane susah di setel".
Itulah pertanyaan yang masuk lewat email ane, oke mari kita simak.
Pada dasarnya setelan spuyer (mainjet, pilotjet) sangat berperan banget nih gan untuk urusan karbu. Seperti yang sudah mimin katakan sebelumnya, jika setingan terlalu kurus atau terlalu gemuk itu tidak akan pernah bagus untuk sistem pembakaran vespa.
Jadi harus bagaimana?
Yang harus agan lakukan pertama kali adalah mencari ukuran spuyer yang pas, tapi sebelum tahapan itu sebenarnya masih ada yang harus agan lakukan terlebih dahulu.
Ini tahapan awal untuk menyelesaikan masalah karburator yang langsamnya lama turun:
1. Agan coba kendarai vespa tersebut, rasakan setiap tarikan gas yang agan lakukan. Rasakan performa motor vespanya seperti apa.
- jika tarikan bawah loyo seperti berat maka catat bahwa spuyer kecil (pilotjet) terlalu besar.
- jika tarikan bawah hilang seperti bunyi "ngok" maka catat bahwa ukuran spuyer agan terlalu kecil, maka harus di naikan beberapa step.
Untuk agan yang belum tahu cara memasang spuyer pada vespa, silahkan baca artikel ane tentang Tutorial lengkap cara mudah mengganti spuyer vespa.
Jika cara ini agan sudah bisa mengetahuinya, maka tahap selanjutnya akan lebih mudah.
Gimana apa udah kepikiran apa yang mimin sampaikan? :D
Yuk lanjut ke tahapan yang berikutnya.
2. Karena agan sudah mengetahui apakah spuyer tersebut kekecilan atau kebesaran, maka sekarang saatnya memasang spuyer baru dengan ukuran yang telah di sesuaikan.
----
Dengan 2 tahap seperti itu sebenarnya langsam vespa yang susah turun sudah bisa diatasi. Tapi terkadang masih saja ada yang langsamnya susah kecil, jika hal tersebut terjadi maka masih ada solusi dan tahapan yang akan mimin berikan.
3 Penyebab Krusial Yang Membuat Busi Vespa jadi Hitam
1. Ganti spuyer mainjet ke ukuran yang lebih besar 1 step. (misalnya vespa excel dengan mainjet uk.92 di ganti menjadi mainjet 96).
2. Test dengan cara berikut:
a. nyalakan vespa dengan kondisi menggunakan standar 2.
b. besarkan sedikit langsamnya, dengarkan suaranya sampai stabil
c. miringkan vespa ke sebelah kiri
d. miringkan vespa ke sebelah kanan
Setelah melakukan ke 4 hal tersebut, ada kesimpulannya gan.
jika vespa di miringkan ke kiri langsamnya naik berarti itu sudah bagus, jika vespa di miringkan ke kanan langsamnya mengecil itu juga bagus. Selain dari ketentuan tersebut mimin nyatakan setingan karbu agan belum maksimal.
Kenapa demikian?
Silahkan dicoba dulu, setelah itu baru agan bakalan percaya apa yang mimin bilang, coba dengan cara miring-miringkan vespa. Apakah hasilnya sesuai dengan yang mimin bilang atau gak.
Jangan lupa berkomentar ya, mimin tunggu loh hasilnya bagaimana :)
kalo langsam kenceng terus kenapa ya gan? padahal baut gas udah ane lemesin, tetep aja kenceng terus
ReplyDeletespuyer pilot atau mainjet kekecilan gan, harus di naekin 1 step ukurannya.
Deleteterima kasih gan:)
Deletesiap gan sama2 :)
Deletekalo vespa ane udah di stel lamsang tapi ntar balik lagi gad nya kaya kenceng banget
ReplyDeletesama kaya yang bawah gan jawabannya
Deletegan kalo vespa ane itu enak buat jalan tapi kalo gas di lepas susah turun itu karna bocor apa gimana? mohon penjelasannya
ReplyDeletebisa aja karena:
Delete1. spuyer kekecilan
2. kebocoran di bagian head / silinder
3. paking karbu rusak atau ada bocor
om, langsam vespa ane kencang terus, gak mau turun, spuyernya udah pake ukuran pas, 80-85 ane beli dan bongkar pasang, tetap gitu2 aja.. apakah ada pengaruh dari seal kruk as yg rembes dikit ya?
ReplyDeletekalau seal kruk as sepengalaman ane sih gak begitu ngaruh ke langsam.
Deleteyang ngaruh ke langsam itu karbunya, spuyer, head bocor, knalpot bocor, isapan dah jelek bgt, atau setelan angin gak bener
tp FYI isapan motor ane udah agak jelek, tp langsam masih oke tuh. gimana setting karbunya aja sih sama nutupin yg bocor2
ok om, nnti ane cek lagi.. kalo cylinder head bocor brarti kompresi bocor donk om?
ReplyDeleteiya kebocoran itu kadang terasa atau kadang jg hanya terlihat.
Deletekalau kerasa itu ketika di gas suara knalpot agak beda, lebih hampos gitu. kalau terlihat itu kita cek ada sedikit cairan hitam / bubuk hitam sperti bekas oli nempel di antara blok dan head.
cara ngetest nya gampang, vespnya pake kebut trus kalau udah, ente tunggu beberapa menit lalu cek deh itu headnya lewat kolong2nya. biasanya kalau emang bocor pas di pake kebut bakal nyiprat2 ke bagian leher knalpot atau sebagainya
okeh makasih banyak atas pencerahannya om...
Deletesama2 gan, sering2 mampir ya :)
DeleteKalau saya bang, pas di statar tiba2 langsung tinggi gasnya bang, malahan kelewatan tinggiinya. Saya sudah putar kanan kiri stelan gasnya, tapi tetap tidak trun, malahan hampur terlepas saya putar stelan gasnya. Bagaimana cara mengatasi itu bang ?
ReplyDeletesaya juga dulu gitu, sampe saya copot stelan langsam jg masih gak berpengaruh masih aja tinggi wwkwkwk.
Deleteitu kendalanya sangat sangat sangat sangat jelas ada di SPUYER KECIL DAN BESAR,
tahapannya:
1. putar dulu screw angin yg d belakang itu mentok kiri
2. Putar spuyer kecil ke kiri 1 putaran
3. putar spuyer besar ke kiri stengah putaran
SUKSES GAN AMIN!
Bang mau nanyak nih vespa ane pas di gas tinggi kali langsam nya abis itu meledak2 apa nya itu gan
ReplyDeleteada kebocoran gan, bisa di bagian head silinder, knalpot, atau bahkan karbunya itu sndiri
DeleteBang mau tanya kalo vespa saya ditarikan bawah kyk kurang tenaga. tapi pas tarikan atas enak. Kenapa ya ??
ReplyDeleteTerus cara seting biar tarikan bawah enak enteng gimana ya? Apa di kendorin spuyernya apa di kencengin ?.
Terima kasih
kencengin pilotjet gan, mainjet jg turunin 1 atau 2 step
Deletebang sy mau nanya,klw vespa gasnya g mau naik walaupun gasnya sdh ditarik full ttp aj suaranya rendah trus mati.itu solusinya gmn bang
ReplyDeletepengapian jelek, koil atau cdi, atau kalau parah2 nya juga palingan setelan nafur terlalu cepet
DeleteGan, vespa saya pas stater gasnya langsung naik,malahan saking paniknya ane cabut kabel businya,itu kenapa ya padahal di karbu sudah di bersihin berkali2,mohon pencerahannya,terimakasih.
ReplyDeletesetelan angin, spuyer, busi, dan kabel luar kabel dalam itu sangat berpengaruh utk mslah agan
DeleteThis comment has been removed by the author.
ReplyDeleteGan vespa saya kl buat jalan kira2 lari 70an gas stabil segitu kira2 700 meteran tiba2 mati mesin,kenapa ya itu gan?
ReplyDeletemainjet kurang boros gan, mati nya gmn dlu tuh? liat warna businya apa
DeleteBang saya punya exel, pake karbu king 26. Kalo pagi mesin dingin rpm naik tinggi klo udh beberapa detik dia normal lagi, kenapa ya?
ReplyDeleteNah yg ke 2 kalo lg jalan terus ngoper gigi, gas rpm lama turun, kenpa ya bang? Mohon infonya. Makasih
keiritan itu gan spuyer nya, coba naekin 1 step deh, atau klo pke krbu king naekin 1 step jarum skepnya
DeleteBang, sya mau nnya, kenapa ya setiap ngerasin baut karbu, gas nya keras bnget untuk ditarik, udah ganti lidah gas, tpi setiap ngerasin baut karbu, gas nya susah bnget ntuk ditarik.vespa nya exclusive 1, makasih
ReplyDeleteudah cek kabel dalam blm mas?
DeleteBang mau nanya nih saya punya vespa super 72, awal nya di buat jalan kira2 800m an biasa aja normal, tapi stlah itu tiba2 gas nya gede sendiri dan kalo di gas gamau jalan seperti bensin habis "ngooook" pas dinyalain lagi tetep gede gas nya dan kalo di gas langsung mati. lalu sama teman saya di kendorin spuyer kecil dan setel ulang angin nya dia normal lagi tapi nanti suka gede lagi gas nya. Itu kira2 apanya ya bang, mohon pencerahannya 🙏
ReplyDeletejelas spuyer kekecilan gan, naekin 2 step mainjet pilot jet nya jg, coba dlu seperti itu. nanti hasilnya bagaimana, share lg dsni
DeleteUdah ane ganti bang tadi nya pake pilot 42 terus mainjet nya 102-140, sekarang udah ane ganti pake ukuran 48 sama 102-160 alhasil langsam nya makin kenceng ane setel angin sama gas nya juga gamau turun langsam nya udah gitu lari nya nahan bang. Oh iya bang kalo platina keluar percikan api ngaruh juga ga ke masalah ane ini ? Terimakasih
Deleteudah coba ganti plati? cek kondensor, cek busi dan gap busi.
DeletePlatina sama kondensor baru ganti bang. Kalo kepala busi berwarna putih ke abu2an itu tandanya keiritan atau keborosan bang, apa harus di naikin lagi pilot jet dan mainjet nya atau malah turun ?
DeleteBang ane mau tanya, vespa super ane udh pake karbu 20:20 setiap kali jalan pas mau ngoper gigi lamsam tinggi terus susah turun, kira" apanya yah? Mohon pencerahannya makasih .. :)
ReplyDeletenaekin 1 step mainjet gan, bisa coba ukuran 102 keatas
DeleteOke makasih bang :)
ReplyDeleteokey gan, silahkan try n error
DeleteKalo langsam vespa lama turun om itu gimana. Pilotjet sudah sy naikan ukuran 48. Mainjet 102. Rpm bawah agak brebet. Tapi top speed dapat. Pencerahannya om. ��
ReplyDeletemungkin ada kebocoran di bagian karbu / knalpot gan, di putaran rendaah brebet banget atau ndut ndutan gan?
Deletekalo di putaran rendah ndut ndutan itu kenapa bang? kebetulan vespa ane gitu, udah ganti karbu masih tetep aja ndut2an... gak enak bgt
Deleteandana pFriday, August 03, 2018
ReplyDeletebang vespa saya abis saya bawa touring, dapet masalah pas mau nyalain untuk manasin harus di gas, tidak bisa keadaan idle, begitu jg pas di ajak jalan, pas kita ga gas mesin mati, kenapa ya? sebelum turing aman aman aja. apa ada bagian karbu yg kotor/ tersumbat? saya otak atik jarum gas sampe full jg ga lama langsung mati kaya bensin ga ngalir
masih plati atau udah CDI?
Deleteklo plati cek kondensor gan
vespa saya excel lur udah cdi
Deletenah cek keran bensin gan, cek juga karbunya rapet atua ngga. ini fix di daerah karbu.
Deletecara simple nya coba naekin spuyer yang mainjetnya 2 step
Nanya nih gan,kalo bocor seal askruk yg sebelah magnit(kanan) apa berpengaruh pd karbu?
ReplyDeleteVespa ane kalo digas gede,lama turun gasnya padahal spuyer udah dibesarin
ngaruh pasti gan ke performa, apalgi masalah agan diatas itu maenannya emang hal2 yang gak keliatan
Deleteijin bang vespa saya hidup normal , pas di bawa jalan 20 m , lansung "ngok" trus saya tarikm cuk nya bagus lagi bang, pas dilePAS CUK nya kena lagi "ngok"... nya, di tarik lagi cuknya kencang lagi,, mohon pencerahannya om
ReplyDeleteGan kalo vespa ku knapa ya tiba tiba langsam nya naek sndiri,bensin kaya mau habis, padahal bensin masi banyak baru ngisi, langsam nya tinggi sangat om ,saya udah stel supyer kecil dan besar kembali normal om, tapi waktu saya bawa ga berapa jauh ngulah lagi om.
ReplyDeleteTRIMAKASIH
Min ini excel saya masih lamsam dikit karbu udah normal isepan aman cuma selang bensin nya pake selang bensin diameter buat matic bukan ori vespa apa pengaruh ke lamsam.??
ReplyDeleteMakasih sebelum nya
Bang bantuin ane dong :(. Ane udah otak atik sampe ane ga ngotak. Gas nya pas baru nyala ga stabil. Alias tinggi terus. Sekrup yang di belakang juga udah ane puter ke kiri terus, kenapa ya ini masbro? Apa karena bocor apa karena ngaruh ke pelampungnya? Pelampung ane udah check sepertinya udah beres. Mohon bantuannya om.
ReplyDeleteBang tulis tentang spesifikasi mesin px exclusive 2 thun 2001 yg kompit yoo..Trimkasih
ReplyDeleteBang kalo vespa saya pagi2 di idupin trus bawa jalan gak jauh tuh masih enak, tapi udh 20 menit aja gas nya agak naik pas di teken kopling jga malah ngegas bkannya ngelos. Itu apanya ya bang mhon bantuannya.
ReplyDeleteThis comment has been removed by the author.
ReplyDeleteBang mo tnya klo spuyer kcil d kncengin mlah mkin gde lngsm'y...tu knp yh penyebab'y. Mhon pncerahan'y trimksh
ReplyDeletevespa ps pakai karbu pe 26 gas semakin tinggi/naek .
ReplyDeletesampai matiin ajah bekep karbu
kendalanya apa ya ?
Mas Vespa saya jarum stelan anginnya kok ga bisa langsam ya udah di puter2 ampe mau copot tetep aj segitu2 putaran mesinnya ga mau naik2 sama satu lagi kemaren aku potong baut sambungan shock belakangnya setengah.apa ngaruh ke tali2nya mas? Soal kalo buat boncengan kopling gas gigi semuanya naik sendiri mas.
ReplyDeleteGan, Vespa ane kalau apa langsam nya rendah aja, gak mau langsam2.
ReplyDeleteItu masalahnya ada dimana ya gan,tolong pencerahan nya gan...
coba periksa pentolan skep karbunya gan ada benjol atau ada gesekan berlebih jadi aliran bensin / angin gak lancar masuk ke pengapiannya alhasil lamsam gak bener
DeleteMas sy mau tanya. Sy punya vespa super th 78 kalau dinyalakan harus dicuk dan cuk nya harus ditahan terus, dan tidak bisa lamsam. kalau cuk dilepas, mesin mati. tolong penjelasannya. Trims
ReplyDeleteganti mainjet menjadi lebih gede ukurannya, itu kemungkinan kurang bensin di awal start engine.
Deletenaikin 2 atau 3 step
Bang. Kalo gas vespa ane gede trus apa nya bang apa ngaruh dari sil magnet copot
ReplyDeletebanyak faktor gan, pertama cek dulu dari setelan mainjete dan pilot jet, kalau bener lanjut lagi ke pengapian (spul atau koil atau busi) terahir kemungkinan dari kebocoran di area paking2
DeleteSelamat siang mas, ni ane punya vspa super, nah vespanya ngegas sendiri trus tiap dhidupin, katannya krburatotnya yg rusak, udh dgnti ttp aja, kmren udh dibnerin lagi tpi harus pake cuk baru mau jalan, klok cuknya di normalin, balik lagi ngegas sendiri smpk poll, kira2 apa penyebabnya bang?
ReplyDeleteMau tanya mas vespa excel saya di Stater mudah hidup. Kendalanya kalo mau belok gas di betot bebeb2 mohon bantuannya informasi nya
ReplyDeleteMohon bantuan nya bang vespa ane kalo sehabis digas gamau turun lagi itu kenapa ya? Kalo dr seal kruk as berpengaruh gasih bang
ReplyDeleteGan vespa ane kalo lgi jalan posisi rpm tinggi kalo turun gas nya lama knapa ya?
ReplyDeleteMisi min mau tanya, kalo knalpot di mesin saya suara nya adem padahal di mesin lain suaranya garing itu kenapa ya, padahal seher saya udah 10m
ReplyDeleteGan mau nanya vespa ane tdi nya mau di stel engga langsam tapi sekarang jdi langsam sendiri kadang kecil kadang gede sendiri kira kira apanya tuh gan
ReplyDeleteGan ane udah ganti spuyer 3kali Mash tepet GK bisa turun langsam, kata temen gue silnya yg bocor harus diganti bener GK tuh?
ReplyDeleteMin saya mau nanya,
ReplyDeleteTarikan Vespa oke, tarikan enteng
Tapi ngak mau langsam
Apa ada penyebab dari hisapan yg udah jelek min?