Cara KOHAR Vespa (korek harian) LENGKAP Versi BusiHitam

Cara KOHAR Vespa harian paling aman
Apa itu KOHAR?

KoHar merupakan singkatan dari "Korek Harian", maksudnya motor yang telah dimodifikasi sedemikian rupa demi mengejar kenyamanan tersendiri khususnya dalam berkendara sektor mesin. -busihitam.com #carakoharvespa

Baca dulu artikel menarik lainnya:

busihitam.com cara korek harian vespa
"Apakah vespa kamu udah cukup kenceng buat nanjak-nanjakan?", "atau mungkin vespa kamu masih loyo kalau bonceng pacar?" Yap, solusinya adalah Kohar "Korek Harian" atau sering juga disebut TUNE UP.


hello gan, ada UPDATE ARTIKEL baru nih dari mimin. Yuk! cek disini

Vespa bakalan terasa tenaganya kalau udah dikasih sedikit sentuhan montir-montir handal. "Apa resikonya kalau vespa kita dikohar?" yang pasti bensin kamu bakalan lebih boros bradah! maka dari itu siapkan dompet yang lebih banyak buat ngasih minum si semok.

Tapi gak selamanya Korek harian vespa itu boros, kalau proses setting-nya benar maka motor akan terasa lebih irit. KOHAR akan lebih efektif ketika proses setting dan perhitungannya benar-benar matang, maka dari itu baca setiap point penting di artikel ini ya!

Langsung aja admin bakal bagikan beberapa cara kohar vespa yang aman

1. Ganti karbu

Untuk korek harian vespa yang pertama adalah Ganti karbu bawaan vespa standar kamu minimal mengadopsi karbu milik vespa PX besaran 20.20, jangan lupa belilah karbu yang original karena diIndonesia kebanyakan import dari thailand barangnya kurang mulus #menurutsaya. Kenapa harus pakai ukuran 20.20?

Artikel menarik:
Cara setel angin supaya tenaga motor tua wusss wusss!

Nafas motor vespa cenderung pendek apalagi jenis vespa super dan VBB, banyak diantara pengguna super dan VBB mengganti karbunya menggunakan ukuran 20.20 karena dirasa lebih enteng baik tarikannya ataupun tenaganya.

"Resikonya ganti karbu vespa?" ya itu tadi, kamu harus nambahin sedikit uang jajan untuk kasih minum si semok.

"Terus kalau vespa saya PX atau Excel bagaimana?" ukurannya kan udah 20.20.
Betul sekali, vespa PX, Excel, Exclusive sudah mengadopsi karbu besar dengan ukuran 20.20 Dellorto (untuk yang original). Kalian skip tahap ganti karbunya - karena karbu 20.20 dirasa sudah aman untuk korek harian *kohar vespa.

2. Papas Head Silinder

Cara Kohar atau korek harian vespa selanjutnya adalah memapas *papas bagian kepala silinder atau head silinder. Ukurannya bisa kalian diskusikan dengan mekanik atau montir vespa yang kalian percayai, Admin sendiri memapas bagian head silinder Vespa Exclusive 2mm saja *bisa kalian lihat fotonya pada postingan admin yang sebelumnya :

Ingat ukuran berapa papas head silinder vespa yang cocok itu harus disesuaikan karena setiap vespa mempunyai kondisi yang berbeda, kalau cocok bakal dijamin vespanya kebut kenceng karena proses kohar vespa yang benar.

Yang penting adalah ujung kepala busi masih ada jarak dengan dome piston dan permukaan head silinder yang sudah dipapas harus rata agar tidak menimbulkan kebocoran pada bagian peletupan api.

3. Ganti ukuran velg

Cara korek harian vespa berikutnya adalah ganti velg. Kalau velg Vespa kamu masih menggunakan ring 8 sebaiknya ganti dengan cara mengadopsi kaki-kaki kepunyaan Excel atau Exclusive. Putaran roda yang dihasilkan oleh ukuran ring 10 lebih efisien sehingga laju Vespa menjadi lebih cepat dan tidak mudah membuat mesin panas.

4. Ganti Knalpot

Kamu gak usah ganti knalpot Vespa pakai yang racing, cukup pasang saja knalpot milik Vespa Excel. "Loh, kok?" knalpotnya Excel itu lubangnya bagus dan gak banyak terhambat oleh sekat-sekat kawat seperti knalpot kepunyaan Vespa super.

5. Ganti piston

Gak usah pakai pistonnya RX-King, piston vespa itu lebih sakti, lebih kuat, lebih tahan banting dan lebih tahan panas daripada seher RX-king. Gantilah piston kamu pakai milik Excel atau pakai yang standarpun gak apa-apa kok istilahnya ( Bore UP )! Tapi kamu wajib ganti ring pistonnya pakai yang ukuran tipis.

harga piston rxking: cek disini

Bilang aja ke toko penjual sparepart vespa kamu seperti ini : "Ci, beli piston vespa ukuran *sekian "M"* ring pistonnya yang tipis". Pasti si enci langsung bergerak cepat.

Resikonya mengadopsi ring piston tipis pada vespa adalah suara mesin vespa kamu menjadi lebih berisik. Walaupun gak terlalu berisik tapi admin rasa cukup risih mendengar suara gesekan piston tersebut yang disebabkan karena ring piston yang tipis.

Hasilnya tentu saja memuaskan, Vespa Exclusive milik admin aja walaupun standaran tapi bisa tembus 110 km/h dengan cepat tapi admin keburu inget "kawin", kalau keliwatan nge-Gas nanti nasib admin berabe dong he..he..he.

6.  Ganti jenis bahan bakar

Nah ini adalah proses terakhir dari cara kohar (Korek Harian) Vespa versi BusiHitam.com.
Jika kamu tadinya menggunakan premium, segeralah ganti minimal pertalite. Tapi Admin sarankan sebaiknya kamu menggunakan Pertamax untuk bahan bakar utama.

Ibaratnya gini, kamu dalam keadaan yang sangat haus, cuaca sedang panas sekali. Tepat didepan kamu ada dua minuman, yang A adalah air putih hangat sedangkan yang B adalah Es Kelapa muda. Manakah yang akan kamu pilih?

Ya cukup dianalogikan seperti itu mungkin kalian akan lebih mudah memahami vespa, karena vespa itu seperti pacar yah yang menemani admin kemana-mana setiap hari. Kalau kita sayang motor tua, motor itu akan sayang pada kita #Busihitamqutoes he..he..he.

KESIMPULAN

Begitulah bradah tips dan cara korek harian vespa ala busihitam.com, semoga artikel menjadi bermanfaat dan boleh kalian share lewat facebook ataupun media sosial lainnya. Jangan lupa kasih tau teman kamu untuk baca-baca seputar motor klasik hanya di busihitam.com.

22 Responses to "Cara KOHAR Vespa (korek harian) LENGKAP Versi BusiHitam"

  1. Biaya sekitar brp ya gan? Lubang boring gausah di gedein lagi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. murah kok gan kalo untuk korek harian,

      karbu 20.20 ori excel cari bekas dapet 200k
      piston rxking 100k
      papas head 20k
      paling di bawah 500rb juga udah kebut kok :)

      Delete
  2. Bro vespa gue exclusive thn 96, kata yg punya dulu udh di oversize 2mm tapi kok bensin boros bgt, kalo perjalanan jauh banjir kalo deket2 sih lancar, katanya sengaja spuyernya di bikin boros tapi kok syg bensin banyak ke buang, ane tanya bengkel pengisapan aman, itu gmn ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. spuyernya kecilin gan, terutama mainjet turunin aja 2 step atau 1 step

      oversize 2m harusnya irit loh, itu masih kecil.

      Delete
  3. Gan mksud yg paprs head 2mm itu di sisain aph di buang yh .

    ReplyDelete
    Replies
    1. di buang 2mm gan, tergantung kebutuhan tapi rata2 sih 2mm gan supaya aman vespanya

      Delete
  4. Kalo udah terlanjur pakai knalpot racing gmn min? Ada saran utk yg pake knalpot racing? (Super 75)

    ReplyDelete
    Replies
    1. gpp gan, tinggal di poles aja lubang out sama in nya sdkit

      Delete
  5. keren vespa racingnya om

    Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Apakah Anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website kami http://kbagi.com/ untuk info selengkapnya.
    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    ReplyDelete
  6. Yg dijelasin diatas itu tune up vespa namanya gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tune up harian / bore up harian / bore up setelan touring

      Delete
  7. Bang vespa ane kok larinya di bawa kebut belom mentok udah berebet ngeden ya?apa seher nya bermasalah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa di cek dulu mainjetnya gan, lubangnya masih bagus apa ngga. atau turunin ukurannya 2 step

      Delete
  8. Gan vespa gua klo dibawa laju dikit dia langsung ngeden itu kira kira apanua ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa overheat / kurang bensin, stelan angin dicoba atur2 lagi. coba cek juga skep karbunya.
      terakhir kalau masih kaya gitu berarti ada yg gak beres di paking2

      Delete
  9. Makasih info. Nya kawan.
    Info yang bermanfaat.
    Kalo kop di papas 2mm terus derajat ke dalam berapa lor.

    ReplyDelete
  10. Mas kalo vespa exclusive 2 nafas nya pendekpendek itu kenapa ya? Dan kalo udh top speed motor geter nya terasa bgt. Ga lama kemudian motor langsung ngejim apa ada solusi? Padahal oli samping udh banyak

    ReplyDelete
  11. stelan karbu yg pas gmn gan

    ReplyDelete
  12. Gan Vespa super saya kalo udah naik 90 km, tapi masih banyak gas kosong kalo di mentokin gas nya kok gak nambah ya tarikanya..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mainjet minta naik step mas, coba naikin 2 step keatas

      Delete

ada saran? kritik? atau ingin berkomentar? ketik aja dibawah sini!