Tutorial Cara Setting Langsam Vespa Semua Varian

Cara setting langsam vespa bisa dilakukan sama siapa saja, termasuk agan-agan yang kurang mengerti teknis motor vespa. Caranya sangat mudah, simpel dan dapat dilakukan dalam waktu kurang dari 1 menit saja.
cara setel langsam karbu vespa
Tapi...

MASALAH

Kendalanya adalah, setel langsam vespa gak bisa sembarangan. Bagaimana kalau agan salah memutarkan skrup yang ada di karbu? Efeknya akan berimbas buruk pada vespa.

Baca juga:


SOLUSI

Maka dari itu, agan yang bingung bagaimana cara menyeting langsam vespa diwajibkan untuk membaca artikel panduan tutorial setting langsam pada semua varian vespa ini

Cara ini berlaku untuk varian skuter vespa: 


CARA SETTING KARBU LANGSAM VESPA


Bukalah tepong kanan motor vespa agan, tepong itu adalah penutup mesin di vespa (mungkin kalian sudah pada tau kan :D).

cara setel langsam karbu vespa
buka pengunci tepong terlebih dahulu

Perhatikan gambar diatas, untuk membuka tepong vespa pastikan penguncinya sudah agan buka terlebih dahulu ya. Yang pasti sebagian besar dari kalian sudah mengetahui ini kan.

Artikel banyak dikunjungi:

Selanjutnya setelah di buka, kita cek bagian karbunya. Biasanya ada yang menggunakan tutup karbu, dan banyak juga yang tutup karbunya di lepas seperti saya.

cara setel langsam karbu vespa
tanpa penutup karbu
Lihat gambar di atas, ada bagian skrup yang paling panjang itu berfungsi untuk menyetel atau menyeting langsam pada vespa agan.

Jangan lihat bagian koil pada vespa admin ya, soalnya vespa super mimin menggunakan DOUBLE COIL SUPPLY makanya wajar kalau terlihat berantakan. 


Menentukan putaran skrup

  • jika diputar searah jarum jam: langsam vespa agan bakalan kenceng
  • jika diputar berlawanan arah jarum jam: langsam vespa bakalan menurun menjadi rendah

Efek jika pengaturan langsam pada vespa tidak pas:

terlalu banyak diputar berlawanan arah jarum jam: kehilangan idle atau langsam yang menyebabkan mesin vespa mati jika tidak di gas.
terlalu banyak diputar searah jarum jam: suara vespa tidak merdu, terlalu kencang, ketika di lepas gas akan menimbulkan sisa-sisa suara pentalan langsam itu sendiri.

Dengan begitu, agan harus bisa menyetel langsam vespa dengan hati. Tentukan tekanan suara yang paling pas dan enak didengar.

Kalau admin sendiri lebih prefer untuk langsam kecil, karena biasanya ketika mesin vespa panas langsam akan sedikit berubah menjadi lebih kencang.

Semua kembali lagi terhadap selera kaliana ya bradah, mau langsam kecil atau kenceng juga sebenarnya gak masalah selama penggunanya nyaman. Itulah semua cara setting langsam vespa, semoga berkenan...

END OF TUTORIAL


Untuk melihat galeri garasi kita silahkan FOLLOW IG@afrvespa

9 Responses to "Tutorial Cara Setting Langsam Vespa Semua Varian"

  1. Gan vespa ane ps taun 84 , kok gak bisa stationer kecil ya ( gambaran suaranya teng...treeng...trenteng..teng...teng., ) ak lama mati , mohon bimbingannya ya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. banyak faktor gan, tp yg paling ngefek itu di bagian spuyer di setel dlu, lalu kalau masih gt berarti terjadi kebocoran di area blok silinder

      Delete
  2. Gan vespa saya px tahun 81. Kalau kelamaan mati terus mesin dingin kenapa ya susah banget di idupin udah engkol sampai keluar keringat juga susah banget hidupnya. Kalau pakai cara di Sorong dengan gigi masuk lansung hidup. Tapi mesin nya gak lansung kontan gitu kaya merembes gitu, itu pengapian nya atau karbu nya kecil lansam ya gan? Kalau udah hidup di turunin habis gas lansung mati . Tolong gan info nya saya baru naik vespa soalnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. walah lumayan repot juga nih vespa si agan, pertama2 mungkin agan harus cek jalur bensin deh. apakah itu bener2 ngalir dari tanki ke karbu, atau ada kesumbat.

      setelahnya, coba cek pengapian dengan cara deketin busi ke body motor pas di engkol

      Delete
  3. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  4. bang vespa saya abis saya bawa touring, dapet masalah pas mau nyalain untuk manasin harus di gas, tidak bisa keadaan idle, begitu jg pas di ajak jalan, pas kita ga gas mesin mati, kenapa ya? sebelum turing aman aman aja. apa ada bagian karbu yg kotor/ tersumbat? saya otak atik jarum gas sampe full jg ga lama langsung mati kaya bensin ga ngalir

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah dibalas disini gan:
      http://busihitam.blogspot.com/2017/07/cara-langsam-vespa-susah-turun.html?showComment=1533251440387#c59963504236703582

      Delete
  5. Gmn bang bila setelan gasnya kyk tidak ngaruh. Diputar kekiri atau kanan suara mesin malah tetep.

    ReplyDelete
  6. Bang saya punya motor Vespa p150 x exklusip. Bila sedang jalan tiba2 kagok,kopling saya bekap otomatis gas sy lepas, tapi mesin jadi mati. Kenapa bang ?

    ReplyDelete

ada saran? kritik? atau ingin berkomentar? ketik aja dibawah sini!