Lagi-lagi karena banyak surel yang masuk, Admin harus posting beberapa perbedaan vespa exclusif 1 dengan vespa exclusive 2. Dan gakan banyak lama lagi mari kita kupas tuntas perbedaan-nya.
Sebelumnya, silahkan lihat dulu artikel menarik berikut ini:
Beda antara vespa PX1 dan PX2:
1. Lampu Sein
Sebelumnya, silahkan lihat dulu artikel menarik berikut ini:
- Apakah vespa exclusive 2 sudah starter?
- Review lengkap vespa exclusive 2
- Cara setel angin agar tenaga vespa naik hingga 13,22%
- Review: Vespa Super Pake Ring 10 (NEW!!!)
Beda antara vespa PX1 dan PX2:
1. Lampu Sein
Coba deh perhatikan lampu sein nya vespa exclusive 1 itu sudut-nya berbentuk kotak atau persegi panjang tanpa runcing, sedangkan vespa exclusive 2 itu lampu sein-nya memiliki sudut runcing. Kalian bandingkan lewat foto di atas, yang biru itu vespa exclusive admin tahun 1992 P150XE II sedangkan vespa PX versi bule admin ambil dari google.com, karena hanya sebagai pembanding saja.
2. Emblem Samping
vespa exclusive 2 bertuliskan "Exclusive2" sedangkan vespa exclusive 1 itu bertuliskan "Exclusive" doang.
3. Tahun pembuatan
Vespa Exclusive 1 diproduksi masal sampai dengan tahun 1989, walau nyatanya ada beberapa vespa exclusive 1 yang beredar di 1990. Sedangkan sang adik lahir pada tahun 1990 sampai 2002.
Artikel penting lainnya: Apakah vespa kena tilang?
4. Karakter Mesin
Menurut pengalaman admin sebagai rider dari exclusive 2, maka bisa admin simpulkan bahwa exclusive 1 punya nafas yang panjang di putaran rendah ke menengah.
Sedangkan motor vespa admin yaitu exclusive 2 galak di putaran bawah sampe ke menengah, hentakan dan tarikan gas nya lebih enteng exclusive 2, tapi untuk jarak tempuh yang jauh sih menurut admin lebih enak pake vespa exclusive 1 dengan catatan kondisi mesin yang prima.
5. Magnet / Mahnet / Flywheel
Yaps, vespa exclusive 1 magnet-nya lebih ringan daripada exclusive 2. Kok bisa? karena exclusive 2 pada bagian dalam magnet-nya sudah ada gear atau gigi untuk pemasangan dinamo starter jadi Piaggio sengaja menyisipkan mata-mata gigi untuk yang mau modif dibikin elektrik start seperti yang pernah kita bahas.
Maka dari itu kenapa banyak yang punya vespa P150XE 2 di jadikan elektrik starter, karena memang bisa dibilang mudah. Kalian harus tau juga bahwa gak semua vespa exclusive 2 magnet-nya memiliki gigi, mata atau gear untuk dinamo starter.
So, jangan kaget kalo vespa P150XE 2 kalian gak ada gigi-nya dan harus diingat juga merk yang tertera di magnet vespa nya harus bertuliskan "PCE", sukur-sukur kalo tulisannya "DUCATI ZEM".
Masalah soal elektrik starter yang dimiliki vespa exclusive ini sering diperbincangkan dan kalian bisa baca pada postingan admin yang sebelum-nya apakah vespa exclusive bisa pake starter?
semua sudah admin jelaskan sesuai pengalaman dan mata kepala admin sendiri. Semuanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, baik vespa exclusive 2 atau exclusive 1.
Jadi kalo kalian gak setuju dengan argumen admin diatas, kalian boleh kasih masukan pada kolom komentar di bawah sini, tapi ada baiknya kalian buktikan dulu bradah.
Kesimpulan
Secara keseluruhan bodi dari kedua vespa tersebut sama saja, tapi secara detail ada beberapa perbedaan seperti bentuk lampu sein, panel indikator, dan beberapa hal kecil lain yang belum bisa gue sebutkan karena kepastian-nya yang masih suram.
Untuk karakter mesin tentu berbeda, jika kalian suka touring pake aja vespa exclusive 1. Sang adik yaitu vespa exclusive 2 cocok banget buat jadi kendaraan komuter atau kendaraan yang mengantarkan kalian kerja sehari-hari.
hello gan, ada update baru nih dari mimin. Cek artikel terbaru kita: cek disini
2. Emblem Samping
vespa exclusive 2 bertuliskan "Exclusive2" sedangkan vespa exclusive 1 itu bertuliskan "Exclusive" doang.
3. Tahun pembuatan
Vespa Exclusive 1 diproduksi masal sampai dengan tahun 1989, walau nyatanya ada beberapa vespa exclusive 1 yang beredar di 1990. Sedangkan sang adik lahir pada tahun 1990 sampai 2002.
Artikel penting lainnya: Apakah vespa kena tilang?
4. Karakter Mesin
Menurut pengalaman admin sebagai rider dari exclusive 2, maka bisa admin simpulkan bahwa exclusive 1 punya nafas yang panjang di putaran rendah ke menengah.
Sedangkan motor vespa admin yaitu exclusive 2 galak di putaran bawah sampe ke menengah, hentakan dan tarikan gas nya lebih enteng exclusive 2, tapi untuk jarak tempuh yang jauh sih menurut admin lebih enak pake vespa exclusive 1 dengan catatan kondisi mesin yang prima.
5. Magnet / Mahnet / Flywheel
Yaps, vespa exclusive 1 magnet-nya lebih ringan daripada exclusive 2. Kok bisa? karena exclusive 2 pada bagian dalam magnet-nya sudah ada gear atau gigi untuk pemasangan dinamo starter jadi Piaggio sengaja menyisipkan mata-mata gigi untuk yang mau modif dibikin elektrik start seperti yang pernah kita bahas.
Maka dari itu kenapa banyak yang punya vespa P150XE 2 di jadikan elektrik starter, karena memang bisa dibilang mudah. Kalian harus tau juga bahwa gak semua vespa exclusive 2 magnet-nya memiliki gigi, mata atau gear untuk dinamo starter.
Artikel terfavorit:
Vespa Modif Polini Style [*NEW]
So, jangan kaget kalo vespa P150XE 2 kalian gak ada gigi-nya dan harus diingat juga merk yang tertera di magnet vespa nya harus bertuliskan "PCE", sukur-sukur kalo tulisannya "DUCATI ZEM".
Masalah soal elektrik starter yang dimiliki vespa exclusive ini sering diperbincangkan dan kalian bisa baca pada postingan admin yang sebelum-nya apakah vespa exclusive bisa pake starter?
semua sudah admin jelaskan sesuai pengalaman dan mata kepala admin sendiri. Semuanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, baik vespa exclusive 2 atau exclusive 1.
Jadi kalo kalian gak setuju dengan argumen admin diatas, kalian boleh kasih masukan pada kolom komentar di bawah sini, tapi ada baiknya kalian buktikan dulu bradah.
Kesimpulan
Secara keseluruhan bodi dari kedua vespa tersebut sama saja, tapi secara detail ada beberapa perbedaan seperti bentuk lampu sein, panel indikator, dan beberapa hal kecil lain yang belum bisa gue sebutkan karena kepastian-nya yang masih suram.
Untuk karakter mesin tentu berbeda, jika kalian suka touring pake aja vespa exclusive 1. Sang adik yaitu vespa exclusive 2 cocok banget buat jadi kendaraan komuter atau kendaraan yang mengantarkan kalian kerja sehari-hari.
THANKS FOR READING BUSIHITAM.COM
Untuk melihat galeri garasi kita silahkan FOLLOW IG: @afrvespa
Siang bang. Saya Bayu.
ReplyDeleteSaya punya Exclusive 2 tapi tahun 1987. Kondisi alhamdulillah orian cat dan lainnya.
Tambahan aja, Untuk lantai, masih pake jari jari, bukan karet full nutup lantainya.
wahhh hebat nih suatu kebanggaan punya exslusif taun awal, keren bro!
Deleteoke makasih banget nih koreksi dan tambahannya, bakalan saya update di postingan ini. thanks bgt!
kalau boleh bro ada foto vespa nya gak? supaya nanti di kasih kredit langsung ke bro bayu
DeleteAku punya eclusive 2 2000. Klo mau tak potoin gambarnya... kirim kemana ya?
ReplyDeletekirim ke busihitam@gmail.com
Deleteditunggu ya masgan :)
Saya dari aceh, saya punya vespa exclusive tahun 1986. Di Bpkb begitu tertulis. Kata org speed nya sampai 200 cc ya mas
ReplyDeleteIya bang saya juga di stnk sama bpkb tulisannya exclusive tahun 1986 bang, cuman banyak yg bilang itu strada bang. Ane bingung nih
ReplyDeletekalau strada itu masuk nya PS gan, PS Strada, kalau exclusive itu udah masuk generasi semacam excel atau PX :)
DeleteSaya lebih pengen bertanya nuh lur. Sebelumnya vespa saya exclusive 2 tahun 2003 itu masalah. Di koil lalu lanjut ke spul dan seher yg akhirnya di oversize. Tapi setelah semuanya beres. Vespa saya jadi sering banyak masalah. Di langsamnya. Misal beberapa hari aman. Tiba2 suka gak langsam kalo 2-3 hari ga dinyalain. Terus juga kadang2 diputaran bawahnya suka gampang mati. Tapi kalo di bawa ngebut di atas 80 cenderung aman walau suka nahan kayak abis nafas. Dan note juga saya ganti knalpot panjang. Yg kata orang bengkel susah dapet settingan langsamnya. Yg mau saya tanyakan adalah karbu saya yg bermasalah. Karna sudah 13 tahun umur vespanya. Atau kah spuyernya harus disesuaikan karna sudah oversize. Oia untuk busi juga kadang basah oli campur bensin dan hitam. Terkadang kering... Mohon pencerahannya
ReplyDeleteitu karbu harus di sesuaikan lagi ukuran spuyer2 dan anginnya gan. oversize nya naek brp step dari sblmnya?
Deleteuntuk busi, itu tergantung dari pengapian, salah satunya jg dari karbu. setelah setting karbu, coba utk pake busi baru supaya optimal pengevaluasian mesinnya
sy punya Vespa exclusive 1 tahun 82, boros gan, gimana cara atasix
ReplyDeletemin spakboard depan dan batok nya exlusive 1 dan 2 berbeda gak ya min?
ReplyDeletesaya punya exclusive 2 tahun 2002 k,menurut ku untuk penggunaan harian ini vespa sangat rekomended, irit dan handlingnya mantap mungkin karena penyempurnaan generasi terakhir dr pxe1 , menurut saya kekurangannya cuma 1 yaitu harga pajaknya yang mahal : :D
ReplyDeleteMw tanya mind maklum pemula jika di stn n bpkb tertera (model:SCOOTER) ini termasuk exclusif 1apa 2 ya
ReplyDeletealhamdulillah min excelusive 2 saya aman lancar jaya,
ReplyDeleteingat rutin ganti oli service sama oli campur jangan suka ganti ganti biar mesin stabil truss
mantap gan, jgn lupa oli sampingnya sesuaikan dengan kbutuhan motor (apakah selalu turing / harian)
DeleteMau tanya min, kenarin saya baru anter temen beli exclusive 1, kok di tangki nya blm ada tangki oli samping ya, apakah betul exclusive 1, belum dipisah oli samping nya, dan tutup tangki exclusive 1 ini modelnya sama seperti exclusive 2, hanya saja tidak ada tutup tangki oli samoing, mohon petunjuk min, terima kasih
ReplyDeleteMin mau tanya dong. Kl vespa exlusive tahun 1986 itu udah cdi atau platina ya...? Soalnya saya liat di magnetnya ada karet.nya
ReplyDeleteMohon petunjuk
Pake CDI
Deletesaya punya PX 150 EX 2 thn 2005 warna hitam ori, setelah membaca ini saya menjadi bingung kok px terahir produksi thn 2002 ya ?? lah vespa saya di produksi siapa hehehe
ReplyDeleteSore bang setelah saya baca ini BNR saya punya exlusive 1 gk ada mati nya mesin gurih banget sering banget saya pake thuring kerja jauh"allhamdulih mesin no trabel" gua akuin exlusive 1 gokil
ReplyDeleteTooppp pokoknya