Pengalaman Vespa Mogok Jam 1 Malem di Daerah Sepi

Halo skuteris, mimin lagi kurang kerjaan nih jadi mau share seputar pengalaman vespa mogok di jalan. Dan menakutkannya lagi adalah mimin mogoknya tengah malem guys!

AWALNYA...

Siang hari ane jumpa doi (pacar), ane jemput pake vespa exclusive 2 namanya "kimtan". Si Kimtan ini kondisinya lagi bagus, tak ada masalah dan tak ada kendala apapun.

FYI, mimin ini adalah orang Bandung yang baik hati dan rajin menabung. Sedangkan pacar mimin adalah orang jauh luar Bandung, sehingga perjalanan panjang mimin tempuh terlebih dahulu untuk menjemput sang pacar.

Jarak dari rumah mimin ke rumah doi adalah sekitar 45KM, tuh kebayang kan gimana jauhnya...

Pas nyampe rumah pacar, kita langsung gas untuk nonton film terbaru di bioskop *kala itu. Singkat cerita setelah nonton itu kita langsung renang di "karang setra lembang". Mungkin jarak yang sudah kami tempuh hari itu sekitar 150KM.

pengalaman vespa mogok


Setelah cape-capean kami pun mencari makan, waktu sudah hampir larut malam nih.

Semua kegiatan main dengan pacar selesai jam 8 malam, tapi karena kita ada acara mendadak malam itu maka kita lanjutkan berangkat ke acara teman mimin yang berlokasi di Banjaran.

MOGOK TENGAH MALAM

Setelah selesai di acara, mimin pulang sekitar jam 00:30 atau jam setengah 1 malam dari daerah Banjaran Bandung menuju ke daerah Soekarno Hatta (kota Bandung).

Tetapi sungguh sial, di tengah perjalanan motor vespa exclusive mimin tiba-tiba cekit / mogok. Padahal bensin penuh, busi baru dan seperti gak ada masalah sebelumnya.

Kami yang lagi kenceng kaget karena tiba-tiba roda belakang vespa terkunci, sontak membuat vespa kami gual geol (goyang-goyang) :v

Tercium bau besi yang bergesekan, dan kondisi jalanan sangan sepi tak ada satupun kendaraan yang lewat apalagi skuteris vespa. Ceritanya sih mimin pingin nunggu temen-temen vespa barangkali ada yang lewat. Tapi karena lebih dari 1 jam menunggu dan tidak ada 1 pun yang melewat, maka mimin coba bongkar sendiri dan analisa apa yang terjadi.

MASALAHNYA

Ternyata oli otomatis mimin tidak berfungsi. Sebelumnya mimin mengisi bensin sampai penuh dan tidak di campur dengan oli, karena sistem oli pisah otomatis di vespa exclusive ane sebelumnya masih lancar.

Tapi pas hari tersebut, oli otomatis tidak berfungsi. Jadi wajar saja perjalanan yang sudah lebih dari 200KM tanpa oli samping membuat vespa kehausan, lengket dan panas.

Piston terkunci, macet dan ngejim. Vespa tidak bisa di selah sedikitpun, tuasnya sangat keras karena sehernya ngunci.

Waktu udah menunjukan pukul 03:00 pagi...

Dan kerennya lagi, pacar tertidur pulas di sebelah vespa kami. Lalu tak lama setelah ane membongkar bagian head silinder, ada 1 orang lari-lari melewati kami tanpa menggunakan sendal (ah ane fikir orang iseng).

Eh ternyata setelah org tersebut lewat, ada banyak orang yang mengejarnya. Buset apa apaan nih...
Pas ane tanya, ternyata orang tadi itu adalah maling :v

Shittt...

Bener-bener hari yang sial, tapi gak apa-apa ini adalah pengalaman berharga mimin dengan pacar. Singkat cerita kami tidur di pinggir jalan tepat di depan toko yang sedang tutup dan kami bangun jam 5 pagi lalu melanjutkan perjalanan dengan mendorong vespa menuju ke bengkel terdekat.

*NOTE: Terima kasih kepada skuteris yang telah mencoba menolong kami malam itu, walaupun tidak teratasi tapi ane sangat berterima kasih telah mencoba memperbaiki vespa kami.

Keterangan:
Kejadian ini adalah kisah nyata, terjadi beberapa waktu lalu. Pengalaman ini tak akan pernah mimin lupakan.

SARAN & KESIMPULAN:

Untuk agan yang mempunyai vespa dengan sistem oli pisah otomatis, mimin sarankan tetaplah campur oli samping secara manual. Setelah isi bensin disarankan untuk tetap mengisi oli samping dengan tangan sendiri, karena bisa saja suatu saat sistem oli pisah otomatis tersebut rusak dan kita tidak mengetahuinya sehingga menyebabkan vespa mogok di jalan.

Terimakasih sudah mendengarkan mimin bercerita, silahkan baca-baca lagi setiap artikel yang mimin buat yah!

2 Responses to "Pengalaman Vespa Mogok Jam 1 Malem di Daerah Sepi"

ada saran? kritik? atau ingin berkomentar? ketik aja dibawah sini!