Sejarah Vespa Sespan Sidecar Motor di Indonesia

Dulu waktu jaman perang dunia, motor masih belum terlalu banyak. Malahan sespan pertama kali bukan terbentuk untuk sebuah kendaraan bermotor tetapi hanya berawal dari sebuah sepeda saja.

Sepeda menjadi sarana paling penting kala itu, supaya sepeda menjadi media yang fungsional maka seseorang bernama M.Bertoux menciptakan sebuah inovasi baru yaitu "Sidecar" atau yang sering kita sebut "sespan".

Untuk mengangkut muatan, menerima penumpang dan mengirim paket itulah fungsi sepeda sespan atau sidecar. Vespa mulai memiliki titik terang ketika melihat peluang ini, seperti yang agan tahu bahwa vespa sudah ada semenjak jaman perang dahulu.


Bahkan bahan bodi anti peluru sampai digunakan vespa sebagai alat tempur...

Lalu kenapa sespan dibuat oleh vespa?Jawabannya sama seperti tujuan sepeda sidecar dibuat, tidak lebih untuk fungsionalitas.

sejarah vespa sidecar sespan
wiki images

Kenapa sespan bisa menyebar di Indonesia?

Sebenarnya sespan itu bisa dibilang sebagai suatu aliran atau gaya modif tersendiri, sama halnya dengan gaya "Mods". Skuteris mempunyai gayanya masing-masing, mulai dari klasik, mods, vintage, grunge sampai gaya yang nyeleneh.


di Indonesia, Sespan di gemari oleh skuteris karena sering dijadikan ajang kontes, jadi wajar saja kalau skuteris kepincut ingin membuat sebuah vespa dengan sidecar.

Dengan seiring waktu, kontes sespan di Indonesia sangat sering sekali. Di kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung dan beberapa daerah lainnya sangat banyak festival yang mengadakan perkumpulan vespa sespan.

Hampir setiap tahun selalu ada festival vespa sespan. Jika agan ingin melihat motor-motor klasik, pastikan setiap tahun agan mengetahui informasi yang akan mimin berikan terkait kontes pagelaran motor vespa.

sejarah vespa sespan di indonesia

Itulah sedikit sejarah perkembangan vespa sespan di Indonesia...

57 Response to "Sejarah Vespa Sespan Sidecar Motor di Indonesia"

Post a Comment

ada saran? kritik? atau ingin berkomentar? ketik aja dibawah sini!