Cara Mengatasi Piston Vespa Macet - 100% BERHASIL

"Cara mengatasi piston vespa yang sering macet, ngejim, overheat, panas dan ceket atau cekit".

Masalah baru nongol nih di vespa admin, jadi masalahnya tuh si vespa kalau di geber konstan kecepatan 60 - 80km/h bakalan ceket atau piston ngunci atau langsung mendadak mati.

hello gan, ada update baru nih dari mimin. Cek artikel terbaru kita: cek disini

Misalnya nih track lurus 200meter admin gas sampe 60km/h dan pertahanin kecepatan segitu, beberapa detik kemudian motor terasa berat terus terdengar bunyi "CIIIIUUUUUUUUUUUTT.... JUSSSS" mati deh, admin wajib pencet kupling soalnya kalau enggak itu motor bakal "kecot-kecotan".
busihitam.com
piston vespa cekit -busihitam.com

Baca juga:

Berbagai bengkel dah admin coba, termasuk bengkel Sartika Motor yang pernah admin bahas pada postingan Servis Vespa di Sartika Motor Bandung

Ternyata tetap aja piston vespa ceket padahal udah diperiksa sama bengkel-bengkel kelas atas, Sampai ahirnya admin frustasi dan memutuskan untuk nge-test vespa ke daerah gunung atau bukit.

Kemaren admin pergi ke "Caringin Tilu" (cartil) tempat wisata yang murah di Bandung dan pemandangannya indah banget, tapi bukan itu yang admin cari cuma tanjakan-nya aja. #eeehhhhh udh nyampe atas vespa admin ngendus lagi. Admin coba telpon bapak dan beliau bilang "bawa aja ke bengkel bapak sini".

Artikel menarik lainnya:
Penyebab piston vespa sering cekit
Cara aman enyalakan vespa yang udah lama mati

Kebetulan bapak saya punya bengkel bubut di daerah bandung, tapi bukan bengkel bubut untuk motor. Bapak saya itu mahir banget dan pinter banget kalau bicara soal teknik.

Setelah beberapa jam konsultasi dengan bapak saya, ketemu lah problem sebenernya. Admin di suruh bongkar boring (silinder) vespa-nya. 

Kenapa motor vespa piston-nya sering macet? seher atau piston vespa ceket karena ini.

busihitam.com
piston milik busihitam.com
Bisa kalian nilai sendiri segimana lecet-nya piston vespa admin itu. Tapi masih bisa di toleransi dan bapak saya langsung ambil silinder blok-nya terus dikasihin ke pegawai, biar cepet di beresin sesuai dengan instruksi bapak saya.


busihitam.com
proses pengerjaan
Kalau kalian penasaran penyebab piston saya yang macet sebenar-nya bukan hanya karena itu seperti pada postingan saya sebelum-nya 5 Penyebab piston vespa Macet.

Pada foto di atas ada penampakan mesin dan silinder milik Admin yang lagi diproses. "Terus masalah seher vespa ngejim ceket mati itu apa min?". 

Jadi kalo menurut Admin itu piston gak sesuai spelling-nya bradah, silinder blok dan piston gak rata atau terlalu "seret" dan sper-nya kurang.


bushitam.com
perhitungan spelling mesin vespa

Inilah perhitungan admin, ukuran seher atau piston vespa px saya adalah 11M atau setara dengan 60mm. Ukuran mikro dari seher atau piston vespa 11M itu 59,97mm berarti ada selisih 0,03mm dari ukuran yang telah banyak beredar di internet.

Pengalaman paling gokil:
Penyebab busi vespa hitam gosong basah #ahsudahlah

sedangkan  diameter silinder blok vespa saya itu tadinya gak nyampe 60mm, jadi piston vespa dan blok-nya itu gak ada jarak atau sper maka dari itu menyebabkan vespa admin ceket dan mati terus tiap kali di gas di RPM tinggi.

Tukang korter di Bandung itu "kebanyakan" gak pake alat ukur yang jelas. Maka dari itu biasanya inreyen di suruh 1 minggu atau lebih lama dan masih aja piston vespa-nya ngejim. Padahal jika teori-nya jelas gak akan seperti itu. Buktinya motor bawaan pabrik mengalami inreyen tapi di bawa kenceng 100km/h gak bikin piston ceket, paling nanti piston-nya jadi cepet lecet aja. 

Review menarik:
Rasanya pake vespa exclusive original

Untung bengkel bapak saya ini alat ukurnya lengkap banget #ups bukan endors ya bradah, jadi admin gak takut lagi piston-nya ngejim karena bapak pun berani jamin hasil korter ini gak bakal ada kata "ceket atau ngejim" walaupun langsung di geber, gak ada lah istilah-istilah inreyen.

Dibuatlah ukuran seperti yang ada di gambar, blok silinder vespa ori p4k saya di hun ulang dan akhir-nya jarak sper 0,04 itu membuat piston saya gak macet lagi, sekarang dah berani nge-gas di atas 70km/h konstan.

Kata bapak saya yang menyebabkan piston ngunci itu bukan hanya dari piston. Beliau berkata "Vespa sering ceket itu karena blok nya di korter tidak menggunakan alat ukur dan QC yang bagus". Jadi hanya asal korter dan nge-pas ke seher-nya, maka dari itu harganya cuma 40rb sampai 80rb untuk ngorter silinder blok.

Proses kerja bapak saya bisa nyampe 4-5jam, memang cukup lama tapi Quality control nya di jamin dan berani gaspol langsung #ngeeeeng. Admin liat langsung proses kerja-nya memang detail banget. Tapi sekali lagi admin ingatkan bahwa bapak saya ini gak fokus untuk ngorter mesin motor, beliau hanya bergerak di bidang pabrikasi tekstil.



busihitam.com
Mesin bubut kepunyaan *bapak-nya* admin


Mungkin ada beberapa rahasia yang bapak saya gak bisa kasih tahu langsung, entah dari segi teknis-nya atau perhitungan-nya, soal ke presisian silinder blok dan piston juga banyak perihal lainnya yang mempengaruhi tenaga original motor.

Segitulah pengalaman atas piston vespa saya yang selalu mati, ceket, overheat, panas, mogok, ngejim atau apalah istilahnya. Semoga dengan postingan ini kalian bisa ambil hikmahnya, bisa langsung di praktekan. Mohon maaf atas segala ucapan yang salah terutama soal kinerja para tukang korter di Bandung, bukan maksud saya jelek-jelekin, tapi ini bicara sesuai fakta dan memang gak semua tempat korter jelek, pasti ada yang bagus hanya saja belum admin tahu.


*Share postingan ini kalo berkenan, salam busihitam*


13 Responses to "Cara Mengatasi Piston Vespa Macet - 100% BERHASIL"

  1. halo, sala m kenal min. pas banget kemarin baru ganti piston Excel pake punya danmotor 10mm di korter 2x. terus di pake jalan jauh pas gas di tarik sempat sekali ngejim. terus nanya montir katanya wajar karena piston masih baru dan disuruh banyakin oli campur bensin nya

    apakah benar (faktor piston baru) atau memang ada yang salah ukuran bubut (kurang spare) ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya berani debat sama montir tersebut.
      saya brani katakan bahwa kalau ngorternya pas dan ukurannya bener2 di ukur pake micro, pasti gak akan ada yang namanya ngejim.

      boleh di coba mas beli motor baru, pernah kah ngejin? pdhal itu motor gak pernah nyala di dealer, tapi mas coba ajak 100kmh pasti mau tuh tanpa ngejim. begitulah logikanya mas

      semoga membantu

      Delete
    2. Sama punya saya berarti piston baru tapi setiap jalan 50meter mati

      Delete
  2. gan, bengkelnya dimana? saya mau ngorter boring disitu dong

    ReplyDelete
  3. Trims infonya kang..salam dari vespa dumai

    ReplyDelete
  4. Kang Min,,mhn info...setelan angin karbu,,kalau diputar kekiri/ngebuka...itu artinya nambah campuran angin atau ngurangi campuran angin ya??...trimakasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau di putar ke kiri berarti angin masuk lebih banyak, jadi bensinnya lebih sedikit yang masuk ke pengapian begitu gan :)

      Delete
    2. kebalik mas, karbu vespa merupakan jenis downdrought dan tidak memiliki setelan angin. sekrup di belakang karbu itu namanya mixture screw fungsinya untuk fine tuning asupan bensin bagi pilot jetnya. kalau dibuka ke kiri dia menambah dikiit asupan bensin pilot jet, dan ditutup ke kanan mengurangi bensin ke pilot jet. untuk anginnya dia masuk melalui lubang tembus diatas pilot jetnya (untuk karbu px), atau masuk melalui lubang by pass kuningan di samping venturi (untuk vespa super dan endog).

      Delete
    3. This comment has been removed by the author.

      Delete
    4. setuju, mohon maaf nanti saya koreksi lagi :)
      terima kasih masukannya gan

      Delete
  5. kan kalau boleh tau bengke bapaknya admin dimana yah? saya juga di daerah bandung udah ke beberapa bengkel bilangnya sama "olinya dilebihin" tapi tetep min ceket terus. kasian penunggangnya ini kalau lagi di kejar waktu :(.
    saya rumah di bandung di daerah tamnsari.

    ReplyDelete
  6. Ada yang bilang kalau ngejim piston harus di coak apakah benar min,masih pemula tapi sudah ada saran kalau mesin vespa ngejim disuruh coak piston,harus dilubang-lubangi itu piston.

    ReplyDelete
  7. Bisa ikut korter di tempat akang ... minta alamat nya .. trims

    ReplyDelete

ada saran? kritik? atau ingin berkomentar? ketik aja dibawah sini!