Review Lengkap : Vespa Exclusive II (2) Original dan Spesifikasi

 "Rasanya pake Vespa" khususnya vespa Exclusive II atau P150XE yang bodinya besar . Ok mari ini dia foto vespa exclusive 2 kepunyaan Admin busihitam.com


review vespa exclusive 2 original

Kita bakalan bahas dan sedikit REVIEW seputar Vespa Exclusive II yang admin punya. Vespa P150X ini lansiran tahun 1992, bagian mesin sampe bodi-bodinya fully original. 

Lihat postingan menarik lainnya:
Gimana rasanya pake motor vespa rasa tahun 1992 beneran? Oke admin bakal kasih tau ya rasanya kaya gimana. Tapi sebelum-nya kalian harus tau dlu beberapa karakter atau sifatnya si P150XE ini, kan jika tak kenal maka tak sayang. Betul gak ?


hello gan, ada update baru nih dari mimin. Cek artikel terbaru kita: cek disini

Sebenernya Exclusive ini ada 2 macem, ada exclusive 2 dan exclusive 1 yang beredar sebelum kuartal 1990-an. 

Bedanya apa? dari segi bodi hampir mirip tapi mesin ada yang berbeda karena exlusive 2 itu udah deket-deket ke vespa excel. 

Mesinnya udah tinggal nempelin dinamo buat electric stater. Sedangkan Exclusive 1 gak bisa karena beda konstruksi. Bagian magnet-nya juga berbeda. 

Jadi bagusan yang mana antara Exclusive 1 dengan exclusive 2? Pasti bagusan yang terbaru dong, karena vespa ngebuat motor dari tahun ke tahun gak mungkin tanpa perkembangan. 

Tapi kalau ngomongin soal bahan "katanya" sih tahun keluaran 1960an itu kuat-kuat dan bagus-bagus.


"Bacot kau Admin, buruan review nya dong!" sabar bradah. 

Introduction

Untuk bagian mesinnya vespa ini seperti biasa 2Stroke, 1 cilynder , karbunya dellorto berukuran 20-20. Blok silinder bertuliskan P4K adalah originalnya vespa exclusive 2, sama kaya excel. 

Squish head yang mirip2 excel, knalpot mirip excel cuma lebih "nyelentring" atau bahasa indonesia-nya lebih cempreng (kecil). Lampu-lampu semua berpusat dari AKI, exclusive 2 ini gak pake electric Starter ya beda ma excel yang udah bawaan pabriknya punya el-starter. Mari kita lihat spesifikasi vespa exclusive 2.

Perbodian

Kokoh ! fiuuhhh.... betul banget kokoh, keliatan sangar apalagi kalau kalian dapet warna hitam. Tapi karena masih original, vespa yang saya itu cat-nya masih bawaan pabrik. Sampe-sampe ada "bladus" gitu, maklum sudah termakan usia. 

Memang bodi-nya gak se-seksi VBB atau Sprint Veloce. Tapi cukuplah untuk enjoy riding tiap hari dan kalau nge-modif-nya bener, ini motor bisa garang abis bradah. Contoh aja kalau dikasih aksesoris-nya Malossi, SIP atau FA Italy dan lainnya jamin deh bakal terlihat keren vespa ini.

Permesinan

Mesinnya JOSS Gandos!. Kalian mau touring kemana-pun motor ini siap diadu kekuatan sama penunggang-nya. 

Bayangin aja, touring dari Bandung - Pangandaran nonstop ini motor gak ada lelah-nya sama sekali, malahan admin yang dibikin cape. Kata bapak saya vespa exclusive ini pernah dibawa ke jawa kuat ngeladenin si Raja Jalanan "RX-King" di track lurus panjang, meski awalnya memang kalah tapi kalo udah jauh... nah ini dia.

Mesin menghembus dan membawa tangan untuk melintir gas lebih dalam. Karakteristik P150XE ini pendek di nafas bawah dan panjang di nafas atas. 

Maksudnya mungkin dari GIRBOX nya gigi 1 ke 2 itu cuma bentar alias pendek, gigi 2 ke 3 pun masih pendek, nah dari 3 ke 4 itu nafas nya puuuaannjaang banget. Apalagi kalo udah masuk gigi 4 kalian bisa pantengin gas sampe poool di 120Km/h . Soalnya gue baru nyobain sampe 120kmh karena keburu takut dan cepet-cepet ngerem, kebayang kalo nubruk.

Kaki-Kaki

Nyoottt empuk!! Shock depan terasa enjoy, suspensi belakang-pun empuk. Gak ada kendala kalau terjun ke jalanan jelek. 

Bodi pun terasa kokoh seperti yang sudah Admin bilang sebelum-nya. Walau memang adalah sedikit guncangan ke penungang-nya tapi admin rasa itu wajar. 

Jadi kaya naik kuda gitu bradah, karena jok-nya yang agak keras sih menurut Admin. Ring 10 bikin motor ini ringan dan terlihat lebih elegan. Sistem pengereman-nya pun enak, genjot rem dikaki kanan itu nyaman.

Perpajakan

Bayar pajak nya emang gak se-murah Vespa VBB, Super, Sprint. Di STNK saya tertera sekitar 100 ribuan. Ya cukuplah gak murah gak juga mahal. Maka dari itu bayar pajak jangan nunggak ya bradah. Selalu bayar tiap tahun on-time sampai jangan terlewat.

Perlampuan

Terang!! Ya pasti terang karena perlampuan-nya berpusat pada AKI. Tapi kalo lampu depan itu tetep dari sepul atau ada jg yang pake regulator. Fungsi AKI disini untuk nyalain lampu sein, klakson serta beberapa indikator yang ada di stang kemudi.


Kesimpulan

Buat kalian yang rutinitas-nya padet, kerja harian, macet-macetan dan touring hanya sesekali. Admin saranin pilih vespa ini P150XE atau exclusive 2

Karena di kemacetan bisa meliuk-liuk dengan karakter nafas bawah yang pendek. Di kota-kota besar seperti Jakarta dan Bandung sering banget namanya macet juga banjir, P150XE kuat lah nemenin aktifitas kalian dengan lingkungan kaya gitu. 

Nyaman kok, posisi ridingnya enak, tapi jujur, kalo untuk touring jauh Admin rasain yang namanya pegel pundak haha. Lebih enak Strada, Sprint, VBB kalo posisi riding dan touring jauh karena girbox-nya yang punya nafas serba panjang , jadi gak bikin pegel tangan melintir2 ngoper gigi.


So, P150XE Wajib kalian punya ! :)

12 Responses to "Review Lengkap : Vespa Exclusive II (2) Original dan Spesifikasi"

  1. Jok nya diganti excel bro? Orinya kan ada depan (ada springnya) dan belakang yang kotak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh iya bener gan, ane lupa nyantumin hehehehe thanks masukan nya bener banget tuh. nanti ane update :)

      Delete
    2. Mas, jok Exclusive 2 kalau mau ganti pny Excel sprt punya mas, apa aja yang diganti ya? apa harus ada yang dirubah2 mas?

      Delete
  2. min bagi saran dong motor skuter yg enak di bawa untuk pemula dan perawatannya gampang soalnya saya masih pemula biasanya saya main motor sport tapi cape min kalo main motor sport mulu jadinya mau ganti hobby
    Tolong di bantu sarannya min

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf baru balas gan, saran untuk awal2 biar lebih klop klasikan pake aja vespa PX atau Strada th 88 yang udah CDI dari sananya, ingat cari yang Pengapiannya masih ORISINIL. itu penting banget

      Delete
  3. Min saya mau tanya,saya ada vespa p150 exclusive 2,di STNK warna hijau cedar,kalo saya mau balikin warna ori nya,saya harus pake cat merek apa dan nomer cat brp ya? Makasih sebelum nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. nomor cat nya saya lupa gan, klo merk biasanya ane pake danaglos

      Delete
  4. Mas, bisa minta wa? Saya pemula nih mau tanya2 tentang vespa hehe. Thx.

    ReplyDelete
  5. Mas klo vespa Exclusive 2 1985 di rubah jadi vespa NPX taiwan n dibuat stater, rem cakram, CDI n velg diganti kira2 bisa mantap ya hasilnya.

    ReplyDelete
  6. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  7. Min di vespa exclusive 2 ane,kalau bbm udah turun dikit dari filter bensin,kok ngadat2 ya,kan kalau di liat2 bbm nya masih banyak, mohon pencerahan nya min...

    ReplyDelete

ada saran? kritik? atau ingin berkomentar? ketik aja dibawah sini!