Cara KOHAR Vespa harian paling aman
Apa itu KOHAR?
KoHar merupakan singkatan dari "Korek Harian", maksudnya motor yang telah dimodifikasi sedemikian rupa demi mengejar kenyamanan tersendiri khususnya dalam berkendara sektor mesin. -busihitam.com #carakoharvespa
Baca dulu artikel menarik lainnya:
"Apakah vespa kamu udah cukup kenceng buat nanjak-nanjakan?", "atau mungkin vespa kamu masih loyo kalau bonceng pacar?" Yap, solusinya adalah Kohar "Korek Harian" atau sering juga disebut TUNE UP.
Vespa bakalan terasa tenaganya kalau udah dikasih sedikit sentuhan montir-montir handal. "Apa resikonya kalau vespa kita dikohar?" yang pasti bensin kamu bakalan lebih boros bradah! maka dari itu siapkan dompet yang lebih banyak buat ngasih minum si semok.
Tapi gak selamanya Korek harian vespa itu boros, kalau proses setting-nya benar maka motor akan terasa lebih irit. KOHAR akan lebih efektif ketika proses setting dan perhitungannya benar-benar matang, maka dari itu baca setiap point penting di artikel ini ya!
1. Ganti karbu
Untuk korek harian vespa yang pertama adalah Ganti karbu bawaan vespa standar kamu minimal mengadopsi karbu milik vespa PX besaran 20.20, jangan lupa belilah karbu yang original karena diIndonesia kebanyakan import dari thailand barangnya kurang mulus #menurutsaya. Kenapa harus pakai ukuran 20.20?
Artikel menarik:
Cara setel angin supaya tenaga motor tua wusss wusss!
Nafas motor vespa cenderung pendek apalagi jenis vespa super dan VBB, banyak diantara pengguna super dan VBB mengganti karbunya menggunakan ukuran 20.20 karena dirasa lebih enteng baik tarikannya ataupun tenaganya.
"Resikonya ganti karbu vespa?" ya itu tadi, kamu harus nambahin sedikit uang jajan untuk kasih minum si semok.
"Terus kalau vespa saya PX atau Excel bagaimana?" ukurannya kan udah 20.20.
Betul sekali, vespa PX, Excel, Exclusive sudah mengadopsi karbu besar dengan ukuran 20.20 Dellorto (untuk yang original). Kalian skip tahap ganti karbunya - karena karbu 20.20 dirasa sudah aman untuk korek harian *kohar vespa.
2. Papas Head Silinder
Cara Kohar atau korek harian vespa selanjutnya adalah memapas *papas bagian kepala silinder atau head silinder. Ukurannya bisa kalian diskusikan dengan mekanik atau montir vespa yang kalian percayai, Admin sendiri memapas bagian head silinder Vespa Exclusive 2mm saja *bisa kalian lihat fotonya pada postingan admin yang sebelumnya :
Ingat ukuran berapa papas head silinder vespa yang cocok itu harus disesuaikan karena setiap vespa mempunyai kondisi yang berbeda, kalau cocok bakal dijamin vespanya kebut kenceng karena proses kohar vespa yang benar.
Yang penting adalah ujung kepala busi masih ada jarak dengan dome piston dan permukaan head silinder yang sudah dipapas harus rata agar tidak menimbulkan kebocoran pada bagian peletupan api.
3. Ganti ukuran velg
Cara korek harian vespa berikutnya adalah ganti velg. Kalau velg Vespa kamu masih menggunakan ring 8 sebaiknya ganti dengan cara mengadopsi kaki-kaki kepunyaan Excel atau Exclusive. Putaran roda yang dihasilkan oleh ukuran ring 10 lebih efisien sehingga laju Vespa menjadi lebih cepat dan tidak mudah membuat mesin panas.
4. Ganti Knalpot
Kamu gak usah ganti knalpot Vespa pakai yang racing, cukup pasang saja knalpot milik Vespa Excel. "Loh, kok?" knalpotnya Excel itu lubangnya bagus dan gak banyak terhambat oleh sekat-sekat kawat seperti knalpot kepunyaan Vespa super.
5. Ganti piston
Gak usah pakai pistonnya RX-King, piston vespa itu lebih sakti, lebih kuat, lebih tahan banting dan lebih tahan panas daripada seher RX-king. Gantilah piston kamu pakai milik Excel atau pakai yang standarpun gak apa-apa kok istilahnya ( Bore UP )! Tapi kamu wajib ganti ring pistonnya pakai yang ukuran tipis.
harga piston rxking: cek disini
Bilang aja ke toko penjual sparepart vespa kamu seperti ini : "Ci, beli piston vespa ukuran *sekian "M"* ring pistonnya yang tipis". Pasti si enci langsung bergerak cepat.
Resikonya mengadopsi ring piston tipis pada vespa adalah suara mesin vespa kamu menjadi lebih berisik. Walaupun gak terlalu berisik tapi admin rasa cukup risih mendengar suara gesekan piston tersebut yang disebabkan karena ring piston yang tipis.
Hasilnya tentu saja memuaskan, Vespa Exclusive milik admin aja walaupun standaran tapi bisa tembus 110 km/h dengan cepat tapi admin keburu inget "kawin", kalau keliwatan nge-Gas nanti nasib admin berabe dong he..he..he.
6. Ganti jenis bahan bakar
Nah ini adalah proses terakhir dari cara kohar (Korek Harian) Vespa versi BusiHitam.com.
Jika kamu tadinya menggunakan premium, segeralah ganti minimal pertalite. Tapi Admin sarankan sebaiknya kamu menggunakan Pertamax untuk bahan bakar utama.
Ibaratnya gini, kamu dalam keadaan yang sangat haus, cuaca sedang panas sekali. Tepat didepan kamu ada dua minuman, yang A adalah air putih hangat sedangkan yang B adalah Es Kelapa muda. Manakah yang akan kamu pilih?
Ya cukup dianalogikan seperti itu mungkin kalian akan lebih mudah memahami vespa, karena vespa itu seperti pacar yah yang menemani admin kemana-mana setiap hari. Kalau kita sayang motor tua, motor itu akan sayang pada kita #Busihitamqutoes he..he..he.
Begitulah bradah tips dan cara korek harian vespa ala busihitam.com, semoga artikel menjadi bermanfaat dan boleh kalian share lewat facebook ataupun media sosial lainnya. Jangan lupa kasih tau teman kamu untuk baca-baca seputar motor klasik hanya di busihitam.com.
Apa itu KOHAR?
KoHar merupakan singkatan dari "Korek Harian", maksudnya motor yang telah dimodifikasi sedemikian rupa demi mengejar kenyamanan tersendiri khususnya dalam berkendara sektor mesin. -busihitam.com #carakoharvespa
Baca dulu artikel menarik lainnya:
- Cara setel angin agar tenaga vespa naik hingga 13,22%
- Penyebab busi vespa hitam dan cara mengatasinya
- Cara mengatasi vespa tiba-tiba MOGOK
- Cara menghidupkan Vespa yang sudah lama Mati
- Penyebab Piston / Seher sering Ngejim Ceket
- Cara mengatasi piston vespa yang macet - 100% Berhasil
hello gan, ada UPDATE ARTIKEL baru nih dari mimin. Yuk! cek disini
Vespa bakalan terasa tenaganya kalau udah dikasih sedikit sentuhan montir-montir handal. "Apa resikonya kalau vespa kita dikohar?" yang pasti bensin kamu bakalan lebih boros bradah! maka dari itu siapkan dompet yang lebih banyak buat ngasih minum si semok.
Tapi gak selamanya Korek harian vespa itu boros, kalau proses setting-nya benar maka motor akan terasa lebih irit. KOHAR akan lebih efektif ketika proses setting dan perhitungannya benar-benar matang, maka dari itu baca setiap point penting di artikel ini ya!
Langsung aja admin bakal bagikan beberapa cara kohar vespa yang aman
1. Ganti karbu
Untuk korek harian vespa yang pertama adalah Ganti karbu bawaan vespa standar kamu minimal mengadopsi karbu milik vespa PX besaran 20.20, jangan lupa belilah karbu yang original karena diIndonesia kebanyakan import dari thailand barangnya kurang mulus #menurutsaya. Kenapa harus pakai ukuran 20.20?
Artikel menarik:
Cara setel angin supaya tenaga motor tua wusss wusss!
Nafas motor vespa cenderung pendek apalagi jenis vespa super dan VBB, banyak diantara pengguna super dan VBB mengganti karbunya menggunakan ukuran 20.20 karena dirasa lebih enteng baik tarikannya ataupun tenaganya.
"Resikonya ganti karbu vespa?" ya itu tadi, kamu harus nambahin sedikit uang jajan untuk kasih minum si semok.
"Terus kalau vespa saya PX atau Excel bagaimana?" ukurannya kan udah 20.20.
Betul sekali, vespa PX, Excel, Exclusive sudah mengadopsi karbu besar dengan ukuran 20.20 Dellorto (untuk yang original). Kalian skip tahap ganti karbunya - karena karbu 20.20 dirasa sudah aman untuk korek harian *kohar vespa.
2. Papas Head Silinder
Cara Kohar atau korek harian vespa selanjutnya adalah memapas *papas bagian kepala silinder atau head silinder. Ukurannya bisa kalian diskusikan dengan mekanik atau montir vespa yang kalian percayai, Admin sendiri memapas bagian head silinder Vespa Exclusive 2mm saja *bisa kalian lihat fotonya pada postingan admin yang sebelumnya :
Ingat ukuran berapa papas head silinder vespa yang cocok itu harus disesuaikan karena setiap vespa mempunyai kondisi yang berbeda, kalau cocok bakal dijamin vespanya kebut kenceng karena proses kohar vespa yang benar.
Yang penting adalah ujung kepala busi masih ada jarak dengan dome piston dan permukaan head silinder yang sudah dipapas harus rata agar tidak menimbulkan kebocoran pada bagian peletupan api.
3. Ganti ukuran velg
Cara korek harian vespa berikutnya adalah ganti velg. Kalau velg Vespa kamu masih menggunakan ring 8 sebaiknya ganti dengan cara mengadopsi kaki-kaki kepunyaan Excel atau Exclusive. Putaran roda yang dihasilkan oleh ukuran ring 10 lebih efisien sehingga laju Vespa menjadi lebih cepat dan tidak mudah membuat mesin panas.
4. Ganti Knalpot
Kamu gak usah ganti knalpot Vespa pakai yang racing, cukup pasang saja knalpot milik Vespa Excel. "Loh, kok?" knalpotnya Excel itu lubangnya bagus dan gak banyak terhambat oleh sekat-sekat kawat seperti knalpot kepunyaan Vespa super.
5. Ganti piston
Gak usah pakai pistonnya RX-King, piston vespa itu lebih sakti, lebih kuat, lebih tahan banting dan lebih tahan panas daripada seher RX-king. Gantilah piston kamu pakai milik Excel atau pakai yang standarpun gak apa-apa kok istilahnya ( Bore UP )! Tapi kamu wajib ganti ring pistonnya pakai yang ukuran tipis.
harga piston rxking: cek disini
Bilang aja ke toko penjual sparepart vespa kamu seperti ini : "Ci, beli piston vespa ukuran *sekian "M"* ring pistonnya yang tipis". Pasti si enci langsung bergerak cepat.
Resikonya mengadopsi ring piston tipis pada vespa adalah suara mesin vespa kamu menjadi lebih berisik. Walaupun gak terlalu berisik tapi admin rasa cukup risih mendengar suara gesekan piston tersebut yang disebabkan karena ring piston yang tipis.
Hasilnya tentu saja memuaskan, Vespa Exclusive milik admin aja walaupun standaran tapi bisa tembus 110 km/h dengan cepat tapi admin keburu inget "kawin", kalau keliwatan nge-Gas nanti nasib admin berabe dong he..he..he.
6. Ganti jenis bahan bakar
Nah ini adalah proses terakhir dari cara kohar (Korek Harian) Vespa versi BusiHitam.com.
Jika kamu tadinya menggunakan premium, segeralah ganti minimal pertalite. Tapi Admin sarankan sebaiknya kamu menggunakan Pertamax untuk bahan bakar utama.
Ibaratnya gini, kamu dalam keadaan yang sangat haus, cuaca sedang panas sekali. Tepat didepan kamu ada dua minuman, yang A adalah air putih hangat sedangkan yang B adalah Es Kelapa muda. Manakah yang akan kamu pilih?
Ya cukup dianalogikan seperti itu mungkin kalian akan lebih mudah memahami vespa, karena vespa itu seperti pacar yah yang menemani admin kemana-mana setiap hari. Kalau kita sayang motor tua, motor itu akan sayang pada kita #Busihitamqutoes he..he..he.
KESIMPULAN
Begitulah bradah tips dan cara korek harian vespa ala busihitam.com, semoga artikel menjadi bermanfaat dan boleh kalian share lewat facebook ataupun media sosial lainnya. Jangan lupa kasih tau teman kamu untuk baca-baca seputar motor klasik hanya di busihitam.com.
Biaya sekitar brp ya gan? Lubang boring gausah di gedein lagi?
ReplyDeletemurah kok gan kalo untuk korek harian,
Deletekarbu 20.20 ori excel cari bekas dapet 200k
piston rxking 100k
papas head 20k
paling di bawah 500rb juga udah kebut kok :)
Bro vespa gue exclusive thn 96, kata yg punya dulu udh di oversize 2mm tapi kok bensin boros bgt, kalo perjalanan jauh banjir kalo deket2 sih lancar, katanya sengaja spuyernya di bikin boros tapi kok syg bensin banyak ke buang, ane tanya bengkel pengisapan aman, itu gmn ya
ReplyDeletespuyernya kecilin gan, terutama mainjet turunin aja 2 step atau 1 step
Deleteoversize 2m harusnya irit loh, itu masih kecil.
Gan mksud yg paprs head 2mm itu di sisain aph di buang yh .
ReplyDeletedi buang 2mm gan, tergantung kebutuhan tapi rata2 sih 2mm gan supaya aman vespanya
DeleteKalo udah terlanjur pakai knalpot racing gmn min? Ada saran utk yg pake knalpot racing? (Super 75)
ReplyDeletegpp gan, tinggal di poles aja lubang out sama in nya sdkit
Deletekeren vespa racingnya om
ReplyDeletePerkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Apakah Anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
Jika ya, silahkan kunjungi website kami http://kbagi.com/ untuk info selengkapnya.
Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)
makasih gan, nanti mampir :D
DeleteYg dijelasin diatas itu tune up vespa namanya gan?
ReplyDeletetune up harian / bore up harian / bore up setelan touring
DeleteBang vespa ane kok larinya di bawa kebut belom mentok udah berebet ngeden ya?apa seher nya bermasalah?
ReplyDeletebisa di cek dulu mainjetnya gan, lubangnya masih bagus apa ngga. atau turunin ukurannya 2 step
DeleteGan vespa gua klo dibawa laju dikit dia langsung ngeden itu kira kira apanua ya
ReplyDeletebisa overheat / kurang bensin, stelan angin dicoba atur2 lagi. coba cek juga skep karbunya.
Deleteterakhir kalau masih kaya gitu berarti ada yg gak beres di paking2
Makasih info. Nya kawan.
ReplyDeleteInfo yang bermanfaat.
Kalo kop di papas 2mm terus derajat ke dalam berapa lor.
Mas kalo vespa exclusive 2 nafas nya pendekpendek itu kenapa ya? Dan kalo udh top speed motor geter nya terasa bgt. Ga lama kemudian motor langsung ngejim apa ada solusi? Padahal oli samping udh banyak
ReplyDeletesangat detail cara bikin vespa kencang nya
ReplyDeletestelan karbu yg pas gmn gan
ReplyDeleteGan Vespa super saya kalo udah naik 90 km, tapi masih banyak gas kosong kalo di mentokin gas nya kok gak nambah ya tarikanya..?
ReplyDeletemainjet minta naik step mas, coba naikin 2 step keatas
Delete