5 Rahasia Cara Mengatasi Vespa Tiba-Tiba MOGOK

Kenapa vespa tiba-tiba mogok? Pertanyaan yang sering kita dengar dan tentu ini menjadi bahasan admin yang sangat berguna untuk kalian.

Admin udah sering banget ngalamin yang namanya vespa mogok tiba-tiba dan terkadang kebingungan harus ngapain he..he..he.

Kalian juga pasti pernah lagi santai atau bahkan lagi kebut vespa tiba-tiba mogok. Ini sebenernya bisa berbahaya apalagi kalau vespanya mogok karena cekit / ngejim.

Baca: Penyebab Piston / Seher sering Ngejim Ceket

hello gan, ada update baru nih dari mimin. Cek artikel terbaru kita: cek disini

Karena saking seringnya vespa mogok, admin belajar dari kesalahan mulai dari penyetelan gap busi, cara setel angin yang baik dan benar, ataupun cara mengatasi vespa mogok lainnya.

mengatasi vespa mogok tiba-tiba

Baca post menarik lainnya:
Temen-temen banyak yang nanya "bagaimana cara mengatasi vespa kalau lagi maju tiba-tiba mati?" seperti yang udah pernah admin bahas pada postingan :
Penyebab Vespa Sering Mati
Disana admin menjelaskan beberapa penyebab vespa tiba-tiba mati, tapi pada postingan ini admin akan mengupas tuntas cara mengatasi vespa yang tiba-tiba mogok. Langsung saja kalian simak baik-baik ya bradah!

*Note :

Masalah yang timbul :
  1. Vespa lagi maju tiba-tiba mati
  2. Vespa lagi berhenti dan tiba-tiba mati
  3. Langsam turun tiba-tiba
  4. Langsam naik atau jadi kenceng pas vespa berhenti
  5. Busi tidak mengeluarkan percikan api
Bagaimana cara mengatas masalah mesin vespa yang sering mogok tersebut? terutama pas lagi ada acara mendadak atau kalian lagi ujian atau berangkat kerja? wah bisa-bisa berabe kan.

Admin udah tau kok kalian pasti pernah nih lagi pergi ke suatu tempat dan itu tuh harus buru-buru alias "urgent" #eehh sialannya si vespa malah mogok, sebel kan? ha..ha..ha.

Hal pertama yang harus kalian lakukan kalau vespa lagi maju dan tiba-tiba mogok gitu aja adalah pencet (tahan) tuas kopling supaya ban belakang gak ngunci. Sebab kalau lagi kenceng tiba-tiba mati dan posisi kalian lagi di gigi 3 atau 4 roda belakang si vespa bakalan ngunci.

Kalau udah kerasa vespa kamu mau mati, cepet-cepet tahan tuas kopling terus menepi ke pinggir jalan.

cara mengatasi vespa mogok
klik untuk memperbesar
Berikutnya kamu harus turun dari vespanya "ya iyalah lu kata harus terbang!!" He..he..he bercanda, terus kamu buka tepong kanan vespanya. Ya betul banget karena mesin vespa ada disebelah kanan. kalau tepong kanannya udah dibuka lanjut pengecekan awal dengan cara mengecek businya, baca artikel berikut.


"Bagaimana cara ngecek busi vespa min?"


Admin kasih gambaran kecilnya aja deh, kalian buka plug busi atau kop busi yang nyolok ke businya, ambil kunci busi vespa terus puter berlawanan arah jarum jam sampai busi tersebut lepas dari mesin. Untuk tutorial lebih lanjut cara membuka busi bakalan Admin bahas dipostingan berikutnya.

"Terus kalau businya udah dicopot ngapain lagi min?"

Ya disimpen lah itu kan panas! ha..ha maksudnya kalian simpen dulu businya atau bisa pakai lap apapun untuk megangin busi tersebut. Cek pengapian pada busi itu apakah masih hidup atau sudah mati, ingat karena busi itu ada usianya jadi Admin sarankan cek dengan teliti.

Kalau ternyata businya masih hidup kamu bersukur dan lanjut ke tahap berikutnya yaitu pengecekan spuyer. "Spuyer itu apa sih min?" Spuyer itu adalah piranti pemberi supply bensin ke mesin vespa, banyak yang bilang spuyer ataupun mainjet itu sama saja walaupun memang ada beberapa bagian lainnya dari karbu seperti pilotjet dan dexcel yang nanti akan admin bahas tapi bukan pada postingan ini.

"Eh min, businya udah mati nih!" wah..wah, Ambil obeng terus simpan busi tersebut diatas batu atau benda keras lainnya yang permukaannya rata. Tempatkan bagian ujung obeng tepat di kepala busi yang berwarna hitam (biasanya busi vespa yang kurang baik itu warnanya hitam pekat sedangkan yang bagus itu merah bata, kalau masih putih berarti masih baru atau setelannya terlalu irit) kurang lebih posisi kepala busi itu seperti pada gambar berikut ini:

busihitam.com - cara mengatasi vespa tiba-tiba mogok

Pukul bagian kepala busi tersebut pakai obeng yang kamu punya bradah tapi ingat jangan terlalu keras, pokonya sampai bagian yang berwarna putihnya pecah. Kalau sudah pecah kamu harus bersihkan sisa-sisa pecahannya tersebut jangan sampai masih nempel dibusi, nanti bahaya bisa kebawa ke piston dan menyebabkan macetnya mesin vespa (ngejim) karena gesekan piston dengan benda yang gak penting itu alias pecahan busi.

Mudah kan?

sekarang kamu tahu bahwa busi tersebut sudah tidak memiliki bagian putih seperti pada digambar dan hanya menyisakan sebatang besi yang tipis itu sebagai pemancar api.

Jujur admin rasa dengan tanpa kepala busi bagian putih itu api menjadi lebih besar karena tidak ada isolator #mungkin ya. Tapi ingat, cara ini hanya sementara sampai kalian menemukan bengkel terdekat untuk membeli busi baru.

Jangan takut, lakukan hal ini sendiri aja bradah!

Nah pasti ada nih diantara kalian yang businya udah hidup terus api juga udah keluar, eh vespanya masih aja mogok dan gamau nyala.

Gimana solusinya?.

Cek bagian karbu apakah ada yang mampet? seperti yang admin bilang tadi tentang spuyer. Kalau spuyer mampet maka jalur  bensin akan tertutup bradah.

Panduan Lengkap Pengecekan Karbu Vespa All Varian

Cara mengatasinya adalah kalian gunakan obeng untuk membuka spuyer vespa. Bukalah semua spuyernya, lalu tiup-tiup atau kalian bisa mengetok-ngetok spuyer tersebut ke benda yang keras seperti bagian mesin vespa atau ke batu juga boleh asal jangan terlalu emosi ya ngetoknya harus pake feeling :D

Busi udah hidup, setelan spuyer vespa juga udah dibersihkan tapi vespa masih aja gamau nyala. Iya tenang aja, admin juga udah ngalamin kok hal seperti ini he..he..he. Lebih betenya kalau kalian lagi bareng pacar, si doi nunggu-nunggu kalian benerin vespa dipinggir jalan dengan muka memerah malu ha..ha..ha.

Kalau vespa kalian masih plati seperti miliknya vespa Super, VBB, PS dan beberapa vespa PX maka kalian harus setel celah plati tersebut, pada pengapian plati terdapat celah atau sering disebut "gap". Nah Gap tersebut memang bisa menggunakan metode feeling atau "karepmu bae".

Panduan Menyetel GAP / Celah Platina Vespa

Tapi dari segi teknis bagusnya celah platina disetel 1mm. Setelah disetel ulang, kalian harus cek lagi pengapian businya apakah besar, atau kecil. Karena setelan gap plati harus sesuai dengan setelan gap busi.

Tahap terahir kalau vespa tiba-tiba mogok dijalan yang perlu kalian lakukan adalah pengecekan terhadap semua perkabelan, jalur kabel yang saling terhubung harus dicek.

Kalau ada yang terlepas segera sambungkan kembali, biasanya perkabelan vespa memang susah ditata rapih maka dari itu banyak yang kabel masanya putus, atau kabel yang menuju ke spul lepas. Sepele sih, tapi gimana jadinya kalau kabel pengapian utama dari koil ke spul lepas? kalian gakan pernah bisa maju bradah! He..he.hee.

*BONUS*

Cek bagian magnet vespa, biasanya magnet vespa itu suka longgar tiba-tiba atau mur penguncinya kendor. Cepet-cepet kalian kencengin lagi dan cek apakah ketika magnet diputar-putar plati vespa kamu ikut bergerak atau cuma diem aja.

Kalau plati kamu gak bergerak sama sekali pas magnetnya diputer-puter berarti ada suatu kesalahan pada magnet tersebut mungkin As nya yang udah aus.

Cara mengatasinya adalah didorong sama temen vespamu yang lain atau istilahnya "di step". Itu opsi terahir yang anak-anak vespa punya, menunggu bantuan dari skuterist lainnya untuk distep sampai bengkel terdekat.

Ya begitulah 5 Rahasia Cara Mengatasi Vespa Tiba-tiba mogok, mudah kan? Pasti kalian bisa deh, kalau masih bingung juga kalian bisa tanya pada kolom komentar dibawah sini. Admin bakalan bantu jawab kalian secepat mungkin :).

Share artikel ini supaya temen-temen vespa kalian gak kebingungan kalau mogok mendadak.

11 Responses to "5 Rahasia Cara Mengatasi Vespa Tiba-Tiba MOGOK "

  1. Sangat membantu gan. Tapi saran saya kalau bisa di beri foto atau gambar setiap step nya pasti yang awam juga akan lebih bisa memahami. Makasaih gan sebelum nya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih banyak sarannya kakak, akan kami tingkatkan tutorial beserta gambar2 :)

      thanksss

      Delete
  2. Om kalo motor saya saat laju masuk gigi 4 gak sampe 5 menit tiba2 mesin down, dan digas lagi hidup lagi kenapa yah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. spuyer kekecilan atau bisa saja korteran piston terlalu rapat / sempit

      Delete
  3. Gan vespa saya px platina. Pengapian bagus.bensin juga turun. Tpi gak mau nyala. Mohon bantuannya. Udah bingung gan. Trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. silinder gan, piston mungkin bcor ring nya, udh di cek kah?

      Delete
  4. Gan vespa sy knp ya klo di gas pol tiba² langsung mati sendiri misalkan klo mau oper ke gigi 3/4 ehh gasnya langsung nge down trus mati dah, klo udah di stater sih vespanya bunyi, tpi klo udah mau di jalanin vespanya langsung mati lagi. Itu knp ya bro?

    ReplyDelete
  5. Gan vespa gw kenapa ya..
    Kalau starter dia hidup..terus kakau udah masuk gigi berapa aja dia jalan gan..

    ReplyDelete
  6. Kalok mogok nya setelah di isi minyak kenapa ya min, padahal setelan Plati normal, busi normal, spuyer normal jadi apa itu min yg bermasalah?

    ReplyDelete
  7. Sering saya setelah isi pertalite mogok gak jauh dari pom?
    Maaf pemula

    ReplyDelete
  8. gan motor saya ada trouble . .sapa tau ada yg bisa bantu . . posisi abis bongkar mesin . .setelah selesai dirakit . . pada saat dihidupkan sukses normal . .lalu saya masukkan gigi . . setelah mau jalan tiba2 langsung mati . . apanya ya gan ?

    ReplyDelete

ada saran? kritik? atau ingin berkomentar? ketik aja dibawah sini!