Kebingungan kenapa vespa susah banget nyala? Udah jadi pertanyaan umum, bagaimana cara menghidupkan mesin vespa yang udah lama mati. Maka dari itu busihitam bakalan kupas tuntas seputar tips dan cara-caranya.
Seperti yang sudah pernah busihitam bahas pada postingan 5 penyebab vespa mati disana dijelaskan beberapa hal yang menyebabkan vespa mati dan susah hidup, kalau kalian belum tau penyebab vespa mati yang paling umum adalah :
Semua jenis busi vespa udah ada usianya bradah, dia itu bertahan hanya sampai beberapa tahun lamanya. Jadi yang namanya busi itu pasti suatu saat mati, tapi ada solusi untuk menangkal itu semua. Inilah cara sementara untuk menangani busi yang mati :
1. Buka busi dari kop silinder head vespa
2. Dinginkan busi dengan cara di angin-anginkan.
3. Siapkan panci dan air hujan (kalau gak ada air hujan bisa pakai air biasa)
4. Panaskan air tersebut pada panci
5. Setelah airnya mendidih masukan busi yang telah didinginkan tadi kedalam air
6. Tunggu 10-15 menit
#Note 1: air jangan terlalu banyak, diharapkan ketinggian air tidak melebihi busi yang tergeletak di atas panci.
#Note 2: Kenapa air hujan? karena air hujan mengandung zat ion berupa ( plus minus ) / +- yang akan berfungi baik kalau bertemu dengan busi dimana busi itu sebagai alat perantara yang menyalurkan dan memiliki listrik.
Gak heran kalau vespanya mati terus karena kabel koil yang selalu lepas, ada banyak alternatif untuk mengatasi masalah seputar kabel koil copot ini:
1. Beli kop atau plug busi
2. Menggunakan tutup botol bekas minuman
3. Menggunakan kawat lalu dililitkan
Yang paling disarankan dari solusi diatas adalah membeli kop busi atau plug busi karena harganya pun murah. Kalian bisa beli di toko-toko aksesoris motor atau bengkel terdekat dengan harga dibawah 10ribu;
Kalau ini solusinya hanya satu, kaian harus ngelilit ulang spul tersebut atau membeli spul baru. Ingat harus disesuaikan, jangan sampai salah dalam memilih voltase nya karena vespa ada yang masih menggunakan 6 volt dan ada juga yang 12 volt.
1. Cabut selang bensin yang ada dikarbu
2. Buka tangki vespa
3. Lihat jalur selangnya, kalau ada yang mampet atau terjepit segera dibenarkan
4. Pasang kembali seperti semula
1. Lepaskan baud yang menempel pada karbu
2. Buka satu per satu bagian karbu
3. Bersihkan dengan Pertamax
4. Pasang kembali
Sebenarnya udah gak ada lagi cara untuk mengatasi platina yang haus, tapi admin punya solusi yang paling cepat khusus untuk kendala pada saat perjalanan. Kalau kalian kepepet dan kondisi tidak memungkinkan untuk pergi ke bengkel, ini dia caranya :
Dengan cara ini, sementara vespa kalian bisa maju dengan lancar. Tapi cara ingat ini dapat merusak dudukan platina vespa kamu. Tapi cocok dalam keadaan mendadak.
Panel cuk berfungsi agar bensin masuk langsung ke karbu secara cepat, sehingga membuat vespa kalian cepat hidup dan bensinnya cepat masuk ke karbu.
hello gan, ada update baru nih dari mimin. Cek artikel terbaru kita: cek disini
Seperti yang sudah pernah busihitam bahas pada postingan 5 penyebab vespa mati disana dijelaskan beberapa hal yang menyebabkan vespa mati dan susah hidup, kalau kalian belum tau penyebab vespa mati yang paling umum adalah :
1. Busi sudah matiDari hal-hal diatas pasti ada cara tertentu untuk mengatasinya, di postingan inilah akan busihitam bahas secara rinci solusi atas matinya vespa kamu.
2. Kabel koil tidak terpasang dengan benar
3. Spul sudah ada yang putus
4. Habis bensin
5. Jalur bensin tersendat
6. Karbu kotor
7. Plati yang haus
8. CDI sudah mati
9. Kebocoran pada Silinder head
10. Piston rusak
Baca juga postingan admin lainnya :
-CARA MENGATASI BUSI VESPA YANG MATI-
Semua jenis busi vespa udah ada usianya bradah, dia itu bertahan hanya sampai beberapa tahun lamanya. Jadi yang namanya busi itu pasti suatu saat mati, tapi ada solusi untuk menangkal itu semua. Inilah cara sementara untuk menangani busi yang mati :
1. Buka busi dari kop silinder head vespa
2. Dinginkan busi dengan cara di angin-anginkan.
3. Siapkan panci dan air hujan (kalau gak ada air hujan bisa pakai air biasa)
4. Panaskan air tersebut pada panci
5. Setelah airnya mendidih masukan busi yang telah didinginkan tadi kedalam air
6. Tunggu 10-15 menit
#Note 1: air jangan terlalu banyak, diharapkan ketinggian air tidak melebihi busi yang tergeletak di atas panci.
#Note 2: Kenapa air hujan? karena air hujan mengandung zat ion berupa ( plus minus ) / +- yang akan berfungi baik kalau bertemu dengan busi dimana busi itu sebagai alat perantara yang menyalurkan dan memiliki listrik.
-CARA MENGATASI KABEL KOIL YANG SELALU LEPAS-
Gak heran kalau vespanya mati terus karena kabel koil yang selalu lepas, ada banyak alternatif untuk mengatasi masalah seputar kabel koil copot ini:
1. Beli kop atau plug busi
2. Menggunakan tutup botol bekas minuman
3. Menggunakan kawat lalu dililitkan
Yang paling disarankan dari solusi diatas adalah membeli kop busi atau plug busi karena harganya pun murah. Kalian bisa beli di toko-toko aksesoris motor atau bengkel terdekat dengan harga dibawah 10ribu;
-CARA MENGATASI SPUL YANG SUDAH MATI-
Kalau ini solusinya hanya satu, kaian harus ngelilit ulang spul tersebut atau membeli spul baru. Ingat harus disesuaikan, jangan sampai salah dalam memilih voltase nya karena vespa ada yang masih menggunakan 6 volt dan ada juga yang 12 volt.
-CARA MENGATASI JALUR BENSIN TERSENDAT-
1. Cabut selang bensin yang ada dikarbu
2. Buka tangki vespa
3. Lihat jalur selangnya, kalau ada yang mampet atau terjepit segera dibenarkan
4. Pasang kembali seperti semula
-CARA MENGATASI KARBU KOTOR-
1. Lepaskan baud yang menempel pada karbu
2. Buka satu per satu bagian karbu
3. Bersihkan dengan Pertamax
4. Pasang kembali
-CARA MENGATASI PLATI YANG HAUS-
Sebenarnya udah gak ada lagi cara untuk mengatasi platina yang haus, tapi admin punya solusi yang paling cepat khusus untuk kendala pada saat perjalanan. Kalau kalian kepepet dan kondisi tidak memungkinkan untuk pergi ke bengkel, ini dia caranya :
- Buka tepong kanan Vespa kamu.
- Putar bagian magnet sampai kalian bisa lihat bagian platinanya
- Ketuk pakai obeng minus supaya platina menjadi lebih dempet gapnya.
Dengan cara ini, sementara vespa kalian bisa maju dengan lancar. Tapi cara ingat ini dapat merusak dudukan platina vespa kamu. Tapi cocok dalam keadaan mendadak.
------------------------------------------------------------------------------------------------
Beberapa masalah diatas udah bisa kalian bereskan dengan mudah, walau pada kasus nyatanya tidak semudah apa yang kalian baca disini. Tapi setidaknya kalian punya dasar untuk memperbaiki vespa. Kalau kamu udah tau masalah-masalah yang admin bahas diatas, sekarang saatnya admin share cara menghidupkan vespa yang sudah lama mati. Mati disini dalam artian tidak adanya kerusakan pada CDI, Piston dan komponen inti lainnya.
1. Cek keran bensin
posisi bensin off |
Pada foto diatas posisi keran bensin menghadap ke kanan (jika di lihat dari arah stang ke arah bodi belakang), ini menandakan bahwa bensin tidak mengalir ke karbu alias keran bensin tertutup. Lakukakn pemutaran pada keran bensin tersebut ke arah kiri, sehingga menjadi seperti gambar berikut ini :
posisi bensin on |
2. Tarik panel cuk
Panel cuk berfungsi agar bensin masuk langsung ke karbu secara cepat, sehingga membuat vespa kalian cepat hidup dan bensinnya cepat masuk ke karbu.
panel cuk |
3. Matikan lampu
Loooh kok matiin lampu? Karena lampu vespa berasal dari spul, maka itu akan menghambat nyalanya mesin vespa, dengan resource yang besar vespa akan susah hidup, kecuali semua kelistrikan vespa kamu sudah menggunakan sistem arus DC. Untuk kasus ini kita asumsikan semua vespa milik kalian itu arusnya AC seperti kebanyakan vespa paada umumnya.
panel lampu |
Dengan cara ini kalian bakalan mudah menghidupkan vespa yang udah lama mati, Jika masih belum nyala juga, coba miringkan vespamu ke arah kanan selama 4 detik lalu dicoba hidupkan lagi.
Bagaimana? apa masalah kalian teratasi? atau masih ada yang belum faham dan ingin bertanya silahkan langsung saja beri komentarnya di bawah postingan ini. Admin busihitam.com sebisa mungkin akan menjawab semua pertanyaan kalian.
Vespa admin diatas adalah vespa super VBC tahun 1966
Keep Classics Bradah !
mantap min sharing nya berguna banget, thanks !
ReplyDeletesama-sama bradah jangan lupa subscribe
Deletelanjut terus update fotonya min
ReplyDeletesiap gan, terima kasih telah berkunjung :)
DeleteOm tanya om, vespa saya kalo pagi susah hidup udah choke juga malah bau bensin tapi tetep blum idup, harus diselah terus2an baru idup, padahal sebelum service dimiring dikit sekali selah hidup, ini masalah dmana? Karbu dah dbersihkan,kran baru, tangki bensin dah kuras,selang bensin baru juga, platina sama kondesor baru. Mohon jawabnnya
ReplyDeletebanyak kemungkinan gan, tapi saya sarankan nih cek aja dulu
Delete1. gap busi, celah busi itu loh
2. celah platina, gap plati.
udah sesuai ketentuan blm? coba baca dulu tentang gap setelan vespa
Mau tanya om. Vespa saya kok susah banget hidupnya. Padahal koil baru,karbu baru, isepan bagus bensin ngalir. Spul jg baru.udah pernah dbawa kbengkel udah nyala, trus mati lg sampai sekarang, saya sudah putus asa. Mohon bantuanya. Terimakasih.
ReplyDeletemasih plati atau udah CDI gan vespanya apa?
Deleteom klo mesin panas kaga wajar padahal jarak tempuhnya tidak terlalu jauh,, kira kira kenapa ya
ReplyDeletespuyer kekecilan itu gan
DeleteSangat berguna min tahun vespa kita sama juga😂
ReplyDeletethanks udah mampir kesini gan :D
DeleteMau nanya om?vespa yg baru di bersikan blok kop nya tapi ngak nyala padahal pengapiannya bagus,apa penyebabnya om?
ReplyDeleteMau tanya om Vespa Excel saya abis belah mesin tapi susah nyala,padahal api gede,karbu normal, bensin lancar tapi masih GK bisa nyala kenapa y
ReplyDeleteUlasan ringkas dan padat. Jossss thanks mas bro
ReplyDelete